Ini Upaya Membuka Misteri Suku Bermata Biru di Jantung Halmahera

By Kabar Pulau 08 Sep 2017, 07:51:45 WITLingkungan Hidup

Ini Upaya Membuka Misteri Suku Bermata Biru di Jantung Halmahera

h bagian dari keinginan kuat mengungkap misteri potensi kawasan, terutama  flora dan fauna yang masih tersimpan itu. Tidak itu saja  adanya isu terkini mengenai suku Bermata Biru, suku Lingon menjadi dasar kegiatan “Ekspedisi Lolobata” ini.   Dalam kegiatan ini  butuh  sumber dana dan sumber daya yang perlu disiapkan untuk menjangkau  kawasan Blok Lolobata yang relatif menantang.

“Ekspedisi Lolobata ini bertujuan mendapatkan data-data baru berupa foto dan video mengenai potensi kawasan berupa jenis flora dan fauna, bentang alam (danau, goa, air terjun maupun lainnya) dan perjumpaan dengan Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) atau suku Togutil,” ujarnya. Melalui ekspedisi ini diharapkan menghasilkan laporan  buku dan  film documenter.   

Ekspedisi Lolobata  mengangkat tema  “Find The  Hidden Treasure” atau  Menemukan Harta Yang Tersembunyi. Tim ekspedisi akan dibagi dua yakni  tim  flora  serta tim fauna yang masing-masing didukung fotografer untuk mendokumentasikan kegiatan dan penemuannya. Tim akan  menjelajahi jantung hutan Halmahera, tepatnya  di Blok Lolobata kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata selama 15 hari. Tim nantinya melakukan inventarisasi dan identifikasi jenis potensi flora dan fauna. Menginventarisasi  bentang alam  atau keunikan alam lainnya. “Bahkan melakukan inventarisasi dan komunikasi  dengan Masyarakat Tobelo Dalam. Hasilnya didokumentasikan dalam bentuk foto, video dan catatan- catatan,”jelasnya.

Peserta ekspedisi ini kurang lebih 30 orang dari berbagai kalangan, antara lain, pegawai Balai TNAL, peneliti, penulis, petualang dan profesional lainnya. “ Kegiatannya  selama  15 hari  mulai  

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. banjar yulianto laban 08 Sep 2017, 19:21:25 WIT

    Wah gue terlambat nih..... Ok aku tunggu hslnya aja, selanjutnya klo ada yg tertarik teruskan lebih detil aku berupaya cari donaturnya. Pertengahan oktober 2017 aku di jepang.

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar