Ini Kata Ahli Geologi Soal Ancaman Longsor di Ternate

By Kabar Pulau 03 Jun 2017, 13:15:28 WITKabar Kota Pulau

Ini Kata  Ahli  Geologi Soal Ancaman Longsor  di Ternate

us membuat  drainage, agar tidak memotong lereng, dan mengikuti pola kontur. “Perlu juga pembuatan terasering pada lahan yang miring dan selalu waspada terhadap gejala atau  tanda – tanda akan terjadi longsor. Termasuk  melakukan pemasangan rambu bahaya gerakan tanah, berdasarkan kajian teknis yang sudah dilakukan,” usulnya.

Dedy  yang sehari– hari  aktif di Pusat Studi Gunung Api  dan  Bencana Geologi UMMU   mengusulkan agar  secara lebih spesifik melakukan mitigasi  bencana gerakan tanah. Yakni melakukan   pemetaan dan menyajikan informasi visual tentang tingkat kerawanan bencana alam geologi di suatu wilayah.

“Ini  sebagai masukan kepada masyarakat dan atau pemerintah kabupaten/kota dan provinsi sebagai data dasar melakukan pembangunan agar terhindar dari bencana.  Perlu juga   melakukan  penyelidikan  serta mempelajari  penyebab dan dampak dari suatu bencana sehingga dapat digunakan dalam perencanaan penanggulangan bencana dan rencana pengembangan wilayah,” katanya.  

Tak kalah penting perlu melakukan penyelidikan pada saat dan setelah terjadi bencana, sehingga dapat diketahui penyebab dan cara penaggulangannya. Pemerintah daerah juga harus melakukan   pemantauan  di daerah rawan bencana,  di daerah  trategis secara ekonomi dan jasa, agar diketahui secara dini tingkat bahaya, oleh pengguna dan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah  yang rawan.  Perlu diberikan pemahaman kepada Pemerintah Provinsi /Kabupaten /Kota atau masyarakat umum, tentang bencana alam tanah longsor. Sosialisasi ini dilakukan dengan berbagai cara  mulai dari berita, poster, booklet, dan leaflet atau dapat juga secara langsung kepada aparat pemerintah. (aji)

&nb

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar