Ini Kata Ahli Geologi Soal Ancaman Longsor di Ternate

By Kabar Pulau 03 Jun 2017, 13:15:28 WITKabar Kota Pulau

Ini Kata  Ahli  Geologi Soal Ancaman Longsor  di Ternate

erupakan pola gerakan dengan tipe aliran bahan rombakan. Hal ini terjadi karena material sedimen di bagian teratas merupakan material rombakan (batupasir, batulempung serta andesit berukuran kerikikil – bongkah),” ujarnya.

Gerakan tanahnya diawali dengan intensitas curah hujan yang tinggi, terinfiltrasi masuk ke dalam perlapisan batuan penyusun wilayah terdampak, secara perlahan mempengaruhi stabilitas batuan yang ada.  Material yang tidak kompak tersebut bergerak sesuai dengan bidang gelincir yang sudah terbentuk oleh kemiringan lereng yang ada ( ± 27º). Ini membuat material akan dengan cepat bergerak ke titik rendah, yang didukung oleh material lepas yang memiliki beban lebih berat terutama andesit berukuran boulder–bongkah karena memiliki kerawanan  yang sama.

Menurutnya, harus juga ada mitigasi yang dilakukan semua pihak. Tujuan mitigasi  itu sebagai upaya   mengurangi resiko bencana yang akan terjadi. Tentu katanya dengan  beberapa langkah. Misalnya membuat sistem peringatan dini.  Early Warning ini katanya harus dioptimalkan di wilayah  terancam gerakan tanahnya. Tidak itu saja menurut dia  perlu diakukan kajian secara detail  terhadap lokasi yang terindikasi berpotensi ada gerakan tanah.

Dia lantas mengusulkan dalam pengembangan wilayah  pemukiman, agar membangun  di wilayah  dengan tatanan geologi yang rawan terhadap bahaya gerakan tanah. Tidak kalah penting dalam persoalan ini adalah  jangan melakukan perubahan atau alih fungsi lahan sebagai wilayah pengaman/penahan laju erosi dan gerakan tanah sebagai wilayah perkebunan, pemukiman, dan lain-lain. “Yang juga harus diperhatikan adalah  melakukan  penanaman pohon di wilayah punggungan dengan mengikuti pola kontur yang ada.

Pemerintah khususnya instansi terkait har

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar