Ini Kata Ahli Geologi Soal Ancaman Longsor di Ternate

By Kabar Pulau 03 Jun 2017, 13:15:28 WITKabar Kota Pulau

Ini Kata  Ahli  Geologi Soal Ancaman Longsor  di Ternate

gsor  termasuk  di Tobona itu disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. ”Faktor pendorong adalah  yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material,”ujarnya.

Dikatakan, bergeraknya  tanah itu karena berbagai penyebab. Misalnya erosi yang disebabkan  sungai atau gelombang laut yang menciptakan lereng-lereng yang  terlalu curam. Lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi diakibatkan hujan lebat. Gempa bumi juga membuat tekanan yang menyebabkan  longsornya lereng-lereng yang lemah.

Untuk gunung berapi dapat menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan  lebat dan aliran debu.   Getaran dari mesin, lalu lintas, penggunaan bahan-bahan peledak, dan bahkan petir juga menyebabkan bergeraknya tanah. Alih fungsi lahan yang tidak disertai penataan ketataruangan yang baik sesuai dengan daya dukung secara geologi juga menyebabkan bergeraknya tanah.

Lalu bagaimana dengan gerakan tanah yang terjadi di Kelurahan Tobona?

Menurutnya, secara geologi, batuan penyusun di wilayah terdampak tersusun atas material sedimen vulkanik Gunung  Gamalama yang memiliki karakteristik yang tidak kompak  atau  tidak terkonsolidasi dengan baik. Batuan penyusun di sini juga  memiliki nilai porositas yang tidak baik guna menyerap dan meloloskan air, berupa batupasir,batulempung serta Ignimbrit. 

Kota Ternate pada beberapa waktu terakhir ini, mengalami tingkat curah hujan yang tinggi sehingga tingkat stabilitas batuan pada nilai lereng tertentu akan mengalami gangguan dan bergerak pada bidang luncuran dengan dorongan air hujan yang terinfiltrasi pada pori – pori batuan  itu.  “Pola gerakan tanah yang terjadi di kelurahan Tobona m

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar