Ini Program Penting USAID untuk Nelayan Malut

By Kabar Pulau 05 Agu 2017, 07:24:40 WITKabar Malut

Ini  Program Penting USAID untuk  Nelayan Malut

ncana  yang telah  disusun.  “Kita rencana registrasi kapal- kapal kecil, karena kita perlu tahu berapa banyak nelayan  yang akan melakukan kegitan. Kemudian kita juga perlu dapat data berapa nilai tangkapannya. Melakukan pencatatan secara reguler sehingga   dapat melihat apakah ikan yang ada  sudah layak ditangkap  atau sudah tidak bisa ditangkap lagi,” jelas Catharina. Dari sini katanya bisa memberikan  rekomendasi  ataupun menyusun  petunjuk   dengan dinas perikanan,”  ujar Catarina.

Dia mengakui saat ini di Maluku Utara masih bermasalah  dengan  data.  Pihaknya sudah berusaha   mengumpulkan  data  dan kajian. Kegiatan tahun kedua ini basisnya sudah jelas  berdasarkan data- data yang dikumpulkan.

Menyangkut nelayan katanya banyak hal yang berpengaruh  dengan kualitas nelayan. Yakni   jarak, waktu dan ketersediaan es. Selain itu masalah trasnportasi  nelayan  ke pedagang  pengumpul. “Masalah-maslah itu  ini bisa dibantu oleh USAID, agar  kualitas tangkap seperti  ikan  tuna bisa dipertahnkan,”imbuhnya. Diakui   yang terjadi di lapangan   harga ikan tuna   yang diterima  nelayan  turun  jika  kualitasnya turun.

Selain itu USAID juga  akan melakukan studi rantai makanan  untuk  semua pasokan  ikan,  termasuk ikan kakap, kerapu dan tuna.  

“Jadi kita lihat pasarnya itu beda-beda. Misalnya tuna pasarnya Amerika dan Eropa kemudian  kerapu pasarnya banyak di Asia. Tergantung   rantai atau pasoknya seperti apa. Jadi nanti kita lakukan pendekatan dari nelayan,  importir sampai ke pasarnya,”ujarnya.

Dia menambagkan  program ini meli

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Gamalamanews 19 Okt 2017, 00:24:58 WIT

    kere

    gamalamanews 19 Okt 2017, 00:26:04 WIT

    maksutnya kereeeen

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar