Ini Program Penting USAID untuk Nelayan Malut

By Kabar Pulau 05 Agu 2017, 07:24:40 WITKabar Malut

Ini  Program Penting USAID untuk  Nelayan Malut

;kajian  nanti  akan melihat  potensi yang sangat  besar di daerah ini  untuk dikembangkan menjadi  kawasan konservasi.

Dikatakan, melalui  program konservasi ini,  akan memfokuskan  upaya  meningkatkan  sumber daya kelautan secara efektif. Caranya dengan ikut memperkuat  kapasitas  Kementerian  Kelautan dan  Perikanan   bersama pemerintah  lokal untuk  bersinergi dalam  mengelola   konservasi kelautan.  “Kerja kami  ini terkait  konservasi perairan,”kata Catharina.

Untuk saat ini katanya USAID  tengah melakukan pemetaan wilayah di 5 kabupaten yang kini menjadi wilayah konservasi. Wilayah-wilayah itu   ada din Morotai, Sula,   Kota Tidore Kepulauan dan Halsel. Pulau Morotai sendiri saat ini telah ditetapkan sebagai  wilayah pariwisata  oleh pemerintah Indonesia, karena berada di pesisir  pantai dengan gugusan pulau-pulaunya. Tak hanya pulau-pulaunya yang indah,   Morotain  juga memiliki ekosistem terumbu karang dan  peninggalan   sejarah perang dunia II.

Begitu pun di Kepulauan Sula yang kaya akan sumberdaya  alamnya yakni  tuna dan cakalang. Daerah ini  juga memiliki pantai  yang eksotis. Sementara di Tidore dengan Pulau  Mare dengan konservasi lumba lumba dan penyu  serta terkenal dengan gerabahnya.  Pulau yang kecil ini, tetapi memiliki  kekayaan alam lainnya seperti  cengkeh dan pala.   Begitu juga di  Halsel  dengan  gugusan Pulau  Gura Ici yang berpasir putih serta   Kepulauan Widi yang juga  memiliki keindahan  luar  biasa.

Sementara  untuk  program  tahun kedua  ini   akan dilaksanakan sesuai  re

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar