Ini Program Penting USAID untuk Nelayan Malut

By Kabar Pulau 05 Agu 2017, 07:24:40 WITKabar Malut

Ini  Program Penting USAID untuk  Nelayan Malut

Penulis: Rasyid Yamani: Wartawan Magang Kabarpulau.com

United States Agency for International Development atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika (USAID) yang merupakan badan independen dari Amerika Serikat. Badan in   dengan program  Sustainable Ecosystems Advanced (SEA)  di Maluku Utara diluncurkan   Fair Trade and Fisheries Programatau perdagangan  yang adil untuk  program perikanan di. Peluncurannya  digelar  di Hotel  Grand Dafam Selasa (25/7/17) lalu. Untuk program  USAID  di Maluku Utara  merupakan yang  kedua kalinya.

Program USAID  sendiri  diawali dengan pemetaan wilayah pesisir guna mengetahui aktivitas nelayan  sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup nelayan tangkap, yang menggunakan alat pancing.  

Manajer  program USAID Indonesia, Celly Catharina  ditemui, di Grand Dafam usai kegitan menjelaskan, salah satu program USAID  Indonesia yang telah berjalan di Malut adalah  program konservasi perikanan dan ekosistem terumbu karang. Program ini tujuannya    agar keanekaragaman hayati bisa terjaga.   

Perencanaan konservasi  ini katanya  mau melihat potensi yang  besar  daerah ini untuk dikembangkan. ”Kita lihat statusnya dan kondisinya seperti apa baru ditetapkan sebagai kawasan konservasi yang berdasarkan  kajian kami”katanya.

Dikatakan dalam program yang sedang berjalan ini  dengan menyusun rencana program  ke depan kawasan konservasi itu seperti apa. “Kita lihat status dan kondisinya. Jadi ada beberapa daerah yang sudah ada kawasan  konservasinya. Ada  juga kawasan konservasi yang baru diusulkan,” jelasnya.

Berdasarkan  

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar