Gigihnya Petani Hortikultura di Pulau Ternate

By Kabar Pulau 30 Agu 2017, 05:29:31 WITKabar Kota Pulau

Gigihnya  Petani Hortikultura di Pulau Ternate

Dari Terbatasnya Bantuan hingga Bisa  Naik Haji

Penulis: Rasyid Yamani/wartawan magang kabarpulau.com    

Lahan itu tidak terlalu luas. Hanya sekira 1 hektar. Di dalam lahan itu ditanami beberapa jenis tanaman hortikultur. Ada cabai, timun, kacang panjang dan beberapa jenis sayur  lain  yang ditanam tumpang sari.

Adalah Dahlan Kari Petani asal Kelurahan Rua yang mengusahakan lahannya sejak 2015 itu,    selama ini hanya mengharapkan  alam. 

Dalam kondisi serba  terbatas, Dahlan dan beberapa petani di kelurahan ini tetap bertahan. Hal ini bisa terjadi karena mereka tak punya biaya  lebih untuk mendukung   pengembangan tanaman hortikulture yang mereka usahakan. “Kita keterbatasan dana. Terutama untuk perawatan tanaman. Kita tak punya  dana yang lebih,” ujar Dahlan saat disambangi di lahannya di  awal Juli lalu. 

Dia mengaku,  hanya berharap pada alam, jika tidak terserang hama  berarti tanaman mereka  bisa dipanen. Jika ada kelebihan keuntungan maka bisa dibelikan obat dan pupuk untuk peroide  tanam  berikutnya.  Dari panen ini  juga untuk kebutuhan sehari-hari  dan untuk tabungan.

Dahlan  yang memiliki lahan  satu hektar itu  tak hanya bekerja sendirian.  Dia memiliki  6  pekerja. Para pekerja itu digaji untuk membantu  mengolah tanah   menanam dan menyiangi.   Saat kabarpulau.com mendatangi lahan kebun itu hanya ada dua pekerja terlihat membantu  Dahlan  menyiangi tanaman dan  dan mengolah tanah yang akan ditanami cabe.   “Kita sudah  siapkan 10 ribu bibit  cabai yang akan ditanam. Yang sudah ditanam  ada kurang lebih 3 ribu pohon,” kata D

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar