Demokrasi, Sebuah Ontologi Kecil.

By Kabar Pulau 29 Jan 2018, 18:10:09 WITOpini

Demokrasi, Sebuah Ontologi Kecil.

ataran etikanya tersendiri.

Adapun monumen peradaban lain adalah awal penginjilan di Pulau Masinam, Papua,sebagai jejak altruisme Sultan Tidore yang mengawal dua missionaris JermanCarl Willem OttowdanJohan GottlobGisslerr untuk mengadakan missizendingdi bumi Papua yang pada zamannya adalah wilayah kesultanan Tidore. Sejak 5 Januari 1855 pasukan Tidore tiba di Papua dan membangun kediaman untuk kedua missionaris tersebut. Presiden SBY telah meresmikan monumen kediaman kedua missionaris tersebut Pulau Masinamtersebut sebagai bukti kayanyaperadaban altruistik nusantara yang ada sejak lama.Walaupun kesultanan Tidore sendiri tercatat sebagai kesultanan Islam di nusantara.

Epilog

Sayang sekali jikajejak peradaban dalam khasanah lama kita telah mengalami diskontinuitas besar(major-discontinuity) karena rentang sang waktu dan malas nya kita mencatat  hal-hal bersejarah yang bersifat lokal yang bisa berimplikasi pada tataran nasional. Padahal peristiwa yang setara nilainya pada tingkat tataran nasional keindonesiaan mungkin sekali atau bahkan tidak lagi ada.Baik Darwis Khudori maupun Corrnelis Lay mencatat kedua hal ini sebagai peradaban demokratisdimana bangsa ini harus mengambil sari pati sejarah dalam membentuk basic-platform kultural bagi sebuah konstruksi demokrasi yang berkeadaban. Kita butuh sebuah kesadaran kolektif akanhistoricalawareness.

Di Jawa Barat menghadapi pilkada disyaratkan 3 faktor yang mempengaruhi elektabilitas seseorang yaitu nyunda, nyakolah dan nyantri.Nyunda sendiri adalah proses belajar menjadi manusia Sunda sebagai Insan Kamil. Juga konsep manusia dalam kultural Jawa. Menjadi ‘nJawani’[menjadi manusia Jawa] it

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar