Demokrasi, Sebuah Ontologi Kecil.

By Kabar Pulau 29 Jan 2018, 18:10:09 WITOpini

Demokrasi, Sebuah Ontologi Kecil.

gsa ini ke jurang demokrasi yang cacat. Karena rakyat diberikan tontonan yang meruntuhkan socialtrust terhadap demokrasi itu sendiri. Bahkan Jokowi selaku presiden produk sistem yang konon demokratis di era reformasi ini, menyebut bahwa demokrasi kita telah kebablasan. Dalam teori sistem hukum Lawrence Friedman menyebut 3 hal yang mempengaruhi kesempurnaan sebuah sistem yakni substansi, struktur dan kultur. Demokrasi sebagai sistem pun demikian diperlukan substansi, struktur dan kultur agar demokrasi tersebut dapat disebut flawlessdemocracy, demokrasi tanpa cacat. Apa yang kita laksanakan sekarang adalah sebatas demokrasi prosedural dan tidak mempertimbangkan substantif. Hal ini dikarenakan aspek kultural kita yang juga lemah.GunnarMyrdalmengkategorikan negara atas dua bagian, negara kuat (strongstates) dan negara lemah(softstates),halmana disebabkan karena aspek etika lah yang menentukan kuat dan lemahnya suatu negara (GunnarMyrdal,1968).

Dunia yang kita hadapi sekarang sedang dalam peruahan besar. KishoreMahbubani menyebutkan tengah terjadi pergeseran dunia karena adanya konvergensi global (Kishore Mahbhbani,2013).Juga Gideon Rachman menyebutkan bahwa dunia sedang bergeser ke Asia -Pasifikdimana China dan India akan menjadi aktor-aktor baru di pentas global karena Amerika Serikat sebagai pentolan demokrasi menarik dirinya di bawah Trump dari peranan globalnya selama ini (Gideon Rachman,2017). Bahkan Fareed Zakaria  dengan tegas menyatakan bahwa dunia tengah memasuki era pasca kekuasaan Amerika(2015).

Perubahan global ini seakan mengantarkan kita pada kesimpulan Fukuyama bahwa sejarah telah berakhir. Bahwa gesekan dunia terjadi antara demokrasi dan non demokrasi telah dimenangkan demokrasi. Walaupun banyak membantah Fukuyama karena pada banyak bagian dunia justeru sejarah sementara berlangsung dengan sengitny

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar