DAS Kepulauan Butuh Perhatian Khusus KLHK

By Kabar Pulau 25 Jan 2017, 08:06:11 WITLingkungan Hidup

DAS Kepulauan    Butuh Perhatian Khusus KLHK

g bagi pemerintah dan semua pihak, termasuk  generasi yang akan datang. Maka itu perlu diperhatikan   bakau dan   hutan pesisirnya.  

Persoalan  kedua adalah butuh ada perhatian  khusus dari Kementerian  KLHK      adalah soal Taman Nasional Ake Tajawe Lolobata, yang wilayahnya  di hutan tiga kabupaten/kota di Maluku Utara. Kawasan ini rela dilepaskan warga dan pemerintah dengan hamparan  yang begitu  luas  menjadi kawasan Taman Nasional karena  demi  penyelamatan  lingkungan beserta flora dan fauna  di dalamnya      untuk kepentingan nasional dan dunia. Padahal lahan yang dilepskan itu, di dalamnya memiliki sumberdaya mineral tambang yang cukup kaya.  Di kawasan TN Aketajawe ini selain memiliki sumberdaya hutan serta flora dan fauna tidak kalah pentingnya adalah sumber bahan tambang  seperti emas dan nickel.   Hanya saja itu tetap dilepaskan demi penyelamatan lingkungan  nasional dan dunia. “Ini adalah kemauan bersama masyarakat dan pemerintah  melepaskan  dan membebaskan lahan   demi kelestarian flora dan fauna  untuk dunia.   Artinya masyarakat  dan pemerintah mendukung sepenuhnya program dari pemerintah  untuk penyelamatan lingkungan flora dan fauna. 

Karena itu diberikan bobot yang cukup  ke TN Aketajawe. Pemberian bobot itu misalnya  perlu dibangun laboratorium khusus burung  paruh bengkok. Burung paruh bengkok itu saat ini perdagangan ilegalnya  luar biasa terjadi di kawasan laut Maluku Utara, selanjutnya dibawa ke luar negeri dengan harga yang cukup mahal. Karena itu  membutuhkan  laboratorium  khusus untuk penanganan.

Diakui  untuk konservasi burung paruh bengkok sudah ada di beberap

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar