DAS Kepulauan Butuh Perhatian Khusus KLHK

By Kabar Pulau 25 Jan 2017, 08:06:11 WITLingkungan Hidup

DAS Kepulauan    Butuh Perhatian Khusus KLHK

AS Kepulauan memiliki tantangan pengembangan yang sangat khas. Sebagai daerah kepulauan, yang paling utama diperhatikan adalah soal  hutan mangrove-nya. Mungkin katanya, butuh  model pengelolan DAS kepulauan. DAS kepulauan ini   memiliki  hutan yang khas. Ini perlu disampaikan ke Ibu Menteri Siti Nurbaya,” pintanya kepada Sekjen PSDLH Dr Murdiyono.   

Dijelaskan,  bidang kehutanan sebagai sumber daya yang terbuka   perlu juga penanganan khusus.   Misalnya saat ini kelembagaan kehutanan sudah berubah. Tidak ada lagi dinas di tingkat kabupaten/kota. Semua sudah dikembalikan  ke provinsi.  “Di Kabupaten/Kota  yang ada adalah Kesatuan Pemangkuan Hutan PRODUKSI (KPHP)  dan Kepala Pemangkuan Hutan Lindung (KPHL) yang diisi  oleh     para ekspret  atau mereka yang memiliki keahlian khusus  sebagai pelaksana teknis. Karena diisi oleh para ekspert   maka daerah yang khas ini mesti menjadi perhatian khusus.

 “Kita belum memiliki model pengelolaan DAS kepulauan. Di Indonesia bahkan di dunia mungkin belum ada,”ujarnya. Hal ini menjadi menarik bagi Maluku Utara sebagai daerah  kepulauan.  Kawasan hutan mangrove dan  hutan pantainya  bisa dikelola  dan dikembangkan sebagaimana mungkin sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih bagi kesejahteraan masyarakat. Pengembangan kawasan hutan pantai  butuh model yang lain  tidak seperti di daerah lain.

Dikatakan, di Maluku Utara saat ini dampak pemanasan global itu sangat nampak.  Misalnya  jumlah pulaunya. Jika  pasang surut pulaunya bisa ribuan. Tetapi ketika  pasang  naik pulau- pulau    ada yang tenggelam dan    tersisa 820 pulau. Ini  menjadi tantangan pentin

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar