Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

By Kabar Pulau 27 Okt 2017, 06:50:15 WITKabar Kota Pulau

Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

annya?Apa,  selanjutnya untuk  pendidikan  atau yang lainnya. Tidak kalah pentingnya media ini nanti menggunakan bahasa apa. Tujuannya komunitas mampu memahami.  Untuk media komunitas  menurut  Jorys tentu perlu ada identifikasi  dan memempertimbangkan sumberdaya atau resourses yang dimiliki.

Di hari yang sama setelah  ada penjelasan   pentingnya jurnalisme data dilanjutkan dengan simulasi atau praktek yang melibatkan dua kelompok besar  dengan menyasar isyu menyangkut kesehatan   pendidikan maupun  hak azasi manusia. Kelompok di mana saya bergabung  bersama 4  jurnalis lainnya dari Filipina, Thailand dan Miyanmar menyasar data journalism kasus malaria di Indonesia terutama di Maluku Utara.

Di hari ke tiga  Jorys memaparkan tentang  media komunitas   dan upaya transfomasi. Baik dalam bentuk  teks atau naskah, gambar, video maupun  transformasi penyeberan informasi melalui media sosial. Dalam hal teks atau naskah, dia menyarankan media komunitas perlu membuat storytelling  berseri sehingga menarik minat baca komunitas atau readers yang mengunjungi media kita.  

Dalam  storytelling ini baik menulis profil, menjelaskan  suatu kejadian berhubungan dengan komunitas, menulis tentang trend social  didukung dengan gambar dan lain sebagainya.

Selain itu  membuat liputan investigative terhadap sebuah kasus, membuat  narasi   tentang sebuah peristiwa, menulis deskripsi yang diturunkan di media komunitas  per minggu atau dua minggu sekali secara bersambung   mengkhususkan  sebuah momen atau kejadian.  Membuat  cerita yang unik  hingga  membuat visual story  berupa  video, fotografi, grafik atau ilustrasi. 

Setelah pemaparan mat

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar