Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

By Kabar Pulau 27 Okt 2017, 06:50:15 WITKabar Kota Pulau

Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

informasi yang akan ditawarkan kepada pelannggan atau pengguna. 

Menurutnya,  di media komunitas juga perlu membangun brand. Berbicara soal brand  adalah  bagaimana menghadirkan dan menawarkan kepada pembaca produk yang dimiliki.

Terakhir adalah customer atau pelanggan media komunitas. Di sini dibicarakan bagaimana mengikutsertakan  ada interaksi  dengan  pelanggan. 

Untuk hal ini dalam proses praktisnya, Jorys mewajibkan peserta  membuat kelompok untuk membahas  dan melakukan simulasi  praktis. Ini menyangkut,  bagaimana mengembangkan media  komunitas terutama dalam  memeroleh dana   membuat jejaring. 

Dalam trainng hari kedua Jorys Zyiberman dan Chiranuch Premchaipon   masih menjelaskan tentang bagaimana   membuat inovasi dengan melibatkan  audiens atau komunitas. Jorys dalam pemaparannya memberikan contoh    sebuah radio di kanada yang memiliki semacam laboratorium untuk mempercepat  pembuatan inovasi baru  di  media itu. Misalnya memberikan ruang  atau space kepada warga atau komunitas mengekspos problem  komunitas. Kemudian radio bersangkutan  berusaha ikut menemukan solusi kreatif dari problem yang dihadapi komunitas.

Untuk mengadaptasi contoh yang  dibuat  radio Kanada itu, Jorys menawarkan semacam labioratorium untuk  website atau media komunitas. Caranya   perlu ada ketelibatan  berbagai pihak baik internal media maupun komunitas. Jika sudah ada pelibatan  selanjutnya   mempublikasikan problem yang dihadapi    komunitas. Di tahap ini  pelru  membuka ruang bersama jurnalis,  ahli atau ekspert  bersama warga  duduk   membahas problem yang dihadapi  komunitas.  Sela

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar