Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

By Kabar Pulau 27 Okt 2017, 06:50:15 WITKabar Kota Pulau

Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

emua harus menjadi  pertimbangan  ketika sebuah media komunitas  masuk ke bisnis.  Di media komunitas juga customer menjadi satu-satunya sumber penting bagaimana media bisa hidup.  “Kepada siapa membuat media ini bernilai apakah customer pelanggan pembaca serta komunitas pada umumnya. Apakah yang paling penting adalah pelanggan?. Harus dipikirkan juga apakah dialamatkan juga kepada   pembaca  yang masuk  competitor kita?  Jika  mereka semua harus dijangkau oleh media komunitas,  maka apa cara yang harus dilakukan,”ujar Jorys.

Jorys juga menjelaskan, bagaimana pengelola komunitas membuat inovasi baru menghidupkan  media  terutama  mencari dana dan funding.  Ada 10 inovasi  yang coba ditawarkan kepada peserta.  Yang pertama  adalah  profit, Jorys  menyampaikan  bahwa perlu  mengetahui bagaimana mendapatkan  uang  menghidupkan media komunitas. Kedua membutuhkan networking,  yakni,  bagaimana membangun hubungan atau koneksi dengan  media atau komunitas lainnya. Selain itu perlu struktur yang baik  untuk  mengorganisasi talenta  dan alat yang dimiliki. Sementara  untuk prosesnya harus dengan mengggunakan metode yang superior di dalam bekerja. 

Di dalam membangun media komunitas, performa  produk juga menjadi inovasi penting. Selanjutnya system produksi,  yakni bagaimana  membuat sesuatu yang saling melengkapi antara produksi dan pelayanan. Ini terutama  terhadap pembaca dan komunitas. 

Soal pelayanann juga sangat penting terutama bagaimana  mendukug dan   menjelaskan nilai apa yang dibawa dan akan ditawarkan kepada pembaca.  Media komunitas juga memiliki pilihan- pilihan ruang yang bisa ditawarkan  terutama di dalam membagi

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar