Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

By Kabar Pulau 27 Okt 2017, 06:50:15 WITKabar Kota Pulau

Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

sis politik. Saya sendiri sebagai  Founder kabarpulau.com  media yang focus pada isyu lingkungan, kepulauan  serta indigenous people.

Dalam sesi simulasi hari pertama ini, masing-masing orang dalam setiap kelompok menjadi narrator,  interviewer dan satu orang menjadi observer.

Praktek  collective intelligence  ini   intinya adalah bagaimana  setiap partisipan  atau  peserta  dengan platform media  dan focus masing-masing   memiliki imagine  atau  bayangan sebuah proyek  yang dikerjakan  media masing-masing. Para peserta menjelaskan media dan fokus isyunya.  Baik narrator  interviewer atau pewancara ada yang mendengarkan dan menanyakan berbagai hal menyangkut kerja  media yang dikelola dan focus isyunya. 

Sementara  Joris dalam pemaparannya  menjelaskan,  dalam proses collective  intelligence  perlu memahami  proses  secara menyeluruh melihat persoalan dari yang sederhana kompleks, rumit  sampai yang sulit.   Jika menghadapi persoalan yang kompleks dan sulit tidak bisa hanya dipikirkan sendiri tetapi membutuhkan pemikiran dan pendapat orang banyak.

Menyangkut peran media komunitas ini juga perlu ada keterlibatan komunitas atau orang-orang yang memiliki hubungan  dengan media  tersebut.  Dalam collective  intelligence dibutuhkan berpikir secara kolektif  mulai dari collective bertanya,  menjawab membangun dan mengembangkan media. “Semuanya harus dilakukan dengan menggunakan konsep collective  intelligence,” ujar Jorys.

Pada sesi kedua di hari pertama,  Jorys masih menjelaskan juga tentang  bagaimana menyusun draft usulan  dalam membuat medi komunitas.  Termasuk  dalam simulasi praktisnya membuat&

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar