Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

By Kabar Pulau 27 Okt 2017, 06:50:15 WITKabar Kota Pulau

Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

bsp; Asialyst  adalah Joris Zylberman dan FCEM  bernama Chiranuch  Premchaiporn.    

Mengawali pembicaraan  hari  pertama mempersilahkan para partisipan yang berasal  menjelaskan sesuatu yang  dianggap berharga dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Para peserta lantas menunjukan beragam barang  yang dibawanya dan dirasa penting untuk hidup serta aktivisnya sebagai jurnalis. Misalnya dari foto keluarga, pensil,  note book, pena,  hingga  oleh-oleh dari negara masing- masing yang dibuat  komunitas  indegenious people  di negaranya. Semua itu ditunjukann dan dijelaskan   berdasarkan pentingnya benda itu. 

Di hari pertama itu untuk materi pelatihan, Joris  memaparkan tentang bagaimana menggerakan media komunitas yang tentu katanya harus dilakukan dengan Collective  intelligence. Pemaparan kurang lebih 30 menit, itu selanjutnya  dibagi kelompok untuk simulasi. Dalam pembagian simulasi  ada     empat kelompok besar.

Simulasi ini adalah bagian dari mengggunakan narasi tentang collective intelligence.  Dalam simulasi ini saya sekelompok dengan jurnalis dari Vietnam dan Kamboja. Keduanya adalah Chengpor Aun wartawan VOA Kamboja dan  founder  media komunitas  politikoffe,sebuah media komuntas yang menyasar anak  muda Kamboja yang setiap hari berdiskusi baik secara online maupun  di ruang- ruang public    tentang  perkembangan  politik di negara itu. Dia melibatkan banyak pihak dari politisi , NGO hingga pemerintah, siswa  dan mahasiswa  membahas perkembangan politik di negara tersebut.  Sementara  satunya adalah  Long Tring Hu dari Vietnam ,  co editor pada media Luat Khoa sebuah media berbahasa Inggris di Vietnam dan berba

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar