Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

By Kabar Pulau 27 Okt 2017, 06:50:15 WITKabar Kota Pulau

Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

ruang online yang bersindikasi dengan televise maupun studio  televise. Pelatihan hari ketiga itu  juga Chiranuch   “Jiew” Premchaiporn menjelaskan tentang   media digital atau website   untuk  pengecekan kebenaran informasi. Hal ini menjadi penting karena  saat ini  media  website menghadapi persoalan serius berhubungan dengan hoaks dan fake news. 

Menurut Jiew hoaks dan fake melalui media internet saat ini adalah persoalan besar  semua negara tak  hanya di Asia Tenggara tetapi dunia. Karena itu perlu adanya  pengetahuan menyangkut hal ini.  Menurutnya   di dalam jurnalisme  discipline   verifikasi data dan informasi adalah nomor satu. ”Dalam disiplin verifikasi jurnalis harus mempu memisahkan apakah yang  ditulis itu hiburan,  propaganda fiksi atau seni,”kata Jiew. Tidak itu saja menurutnya,  media digital dewasa ini menghadapi persoalan cukup pelik menyangkut plagiarime. Dia mencotohkan banyak media hanya melakukan copy paste    dan mengubah nama penulis atau sedikit judul  dan ditulis hasil karya media tersebut.  “Ini persoalan serius,” katanya.

Di hari keempat training  memasuki pembahasan  media komunitas di Asia Tenggara bersindikasi. Namun sebelumnya  ada satu peserta dan satu narasumber  sharing pengalaman bagaimana  kondisi media komunitas dari  pembatasan  secara politik  baik oleh  pemerintah maupun partai politik yang berkuasa. Keduanya adalah Chiranuch Premchaiporn  Trainer dari Thailand dan Chengpor Aun  salah satu peserta training dari  Kamboja. Keduanya menjelaskan  tentang kondisi media komunitas dan kondisi politik  negara masing-masing  dan hubungannya dengan  &nb

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar