Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

By Kabar Pulau 27 Okt 2017, 06:50:15 WITKabar Kota Pulau

Dari Community Web Innovation Training di Bangkok

Bicara Media Komunitas hingga Sindikasi Tingkat Asia Tenggara

By: Mahmud Ici, Wartawan Kabarpulau.com 

Pada 9 hingga 13 Oktober 2017 lalu, saya mendapat kesempatan mengikuti  training   yang digelar oleh Cooperation Medias (CFI)  dari Perancis  dengan  Foudation for Community Educational  Media (FCEM)  Thailand.  Pelatihan ini  dilaksanakan di Kota Bangkok yang diikuti 12  jurnalis dari Thailand, Miyanmar, Kamboja, Filipina Vietnam dan Indonesia. Training yang berharga ini ikut melibatkan saya karena   adanya kerjasama  Kabarpulau.com  media komunitas yang saya kelola dengan Tamborae com salah satu lembaga yang concern di bidang peningkatan kapasitas jurnalis dan media yang berhome base di Salatiga Jawa Tengah. Untuk kerjasama dengan lembaga ini telah ditandatangani  sejak  awal  September 2017 lalu di Kota Semarang.

Melalui kerjasama ini memberikan berkesempatan pada saya bersama jurnalis di Asia Tenggara   menerima   ilmu selama seminggu di Kota itu. Pelatihan ini intinya  mengajarkan tentang bagaimana mengelola media komunitas dan   melibatkan komunitas   untuk bisa aktif menghidupakn media.Pelatihan ini juga terasa sangat  menarik karena menyasar upaya membangun media digital yang mendunia saat ini  dengan  sebuah sindikasi besar  tingkat Asia Tenggara. 

Dalam program  ini  sebenarnya ada banyak peserta. Hanya saja karena dibagi dalam tiga tahap  sehingga pesertanya  hanya 12 orang yang concern  dengan community  media.  Ada banyak materi   yang dipaparkan   trainer  CFI yang diwakili dari Asialyst  salah satu lembaga yang juga concern di bidang media dan FCEM. Trainer dari&n

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar