Buah Goloba Dibuat Jadi Anti Oksidan

By Kabar Pulau 17 Jan 2017, 10:24:19 WITLingkungan Hidup

Buah  Goloba  Dibuat  Jadi  Anti Oksidan
Ini adalah jenis buah Goloba yang ada di hutan Tayawi Tidore Kepulauan

olah Tinggi Kesehatan STIKES Tobelo ini patut diapreseasi.  

Dr Arend mengawali dengan membuka tabir manfaat buah Goloba atau Pinang  Bawang Hutan . Goloba adalah sejenis  tumbuhan lengkuas hutan yang saat ini banyak tumbuh liar di hutan-hutan Halmahera. Buah   Goloba ini telah diteliti dan  untuk nanti menjadi salah satu antibiotic penting.

Apa yang digagas dan bahkan sudah masuk journal internasional  (International Journal of Health Medicine and Current Research)  lewat lembaga riset Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Halmahera,  ingin   menjadikan   Goloba   sebagai obat penting. Bahkan 1 dari 9 bahan yang diriset telah mendapat pengakuan Hak Paten dari KemenkumHam.  

 Buah Goloba  yang banyak tumbuh di hutan pesisir Pulau Halmahera dari riset yang dilakukan, memiliki kandungan anti oksidan tinggi melebihi bahan  obat lainnya  yang kini dikembangkan di Indonesia.

Dikatakan  tinggi karena memiliki  kandungan ic 50.6,5 ng/mg. "Pengakuan Hak Paten ini   paling berkesan.   Kini kami tinggal menunggu SK  sebagai kekuatan hukum untuk bekerja sama dengan perusahaan farmasi  memasarkan hasil temuan itu," kata dr Arend Mapanawang di Tobelo  Sabtu (14/1) lalu.

Berkaitan dengan obat-obatan, pihaknya saat ini sedang fokus pada 3 jenis bahan untuk anti malaria  terbarukan, obat HIV- AIDS dan Hepatitis. Bahkan untuk mendukung fasilitas   di laboratorium,  pihaknya  sedang mengajukan permohonan dana hibah ke Dirjen Dikti.

Sementara di tingkat Provinsi Malut, pihaknya tahun ini juga mendapat bantuan alat farmasi untuk meriset berbagai senyawa  tumbuhan dan buah-buahan di Halmahera. "Alat ini sudah ada di Ternate dan tinggal menunggu digeser ke Tobelo. Tar

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar