Aer Goraka dan “Mulu Bebe” yang Ikonik

By Kabar Pulau 17 Jul 2017, 11:34:12 WITBaronda

Aer Goraka dan  “Mulu  Bebe” yang Ikonik

  hingga  pukul 15;00 WIT nyaris tak ada pekerjaan. Nanti di bawah pukul  15:00 baru  kembali bekerja seperti semula,” tutur Yanti. Dia mengaku  sering  curi  waktu beristrahat sebentar.  

“Kala  ngoni (kamu) mau tanya, aer goraka itu bagaimana cara membuatnya ya gampang saja.  Jahe dan gula merah, di tambah  sedikit lengkuas  lalu di belender   kemudian dimasak,” kata yanti.

Meski begitu Yanti mengaku  tidak meraciknya karena tugasnya  hanya   melayani ketika dipesan  pengunjung.  Sementara  dia menggoreng pisang mulu bebek  hingga matang dan terasa gurih, dengan  potongan yang  tipis. Pisang mulu bebe goreng ini kalau  ditambah    dabu-dabu (sambal) ikan teri, dan kacang goreng maka sangat  enak.

 Air goraka dan pisang goreng mulu bebe ini  diyakini jika sekali minum dan makan akan membuat  ketagihan.

Air goraka  bermanfaat  ketika tubuh butuh hangat.  Dengan  meminum    segelas aer goraka saja  bisa menghangatkan tubuh  dan menghilangkan batuk. Ini khasiat  air goraka  dengan bahan  jahe dan gula merah.

Sementara untuk pisang mulu bebek,  adalah  khas Maluku Utara karena hanya ada di Maluku Utara.   Sesuai  bentuk pisang  kecil  memanjang sedikit melengkung bak mulut bebek sehingga disebutnya pisang mulut bebek.

Sekadar diketahui, Maluku Utara memiliki    pisang   mulu bebe  yang  tak dimiliki daerah lain.  Gurihnya pisang ini juga  berbeda dengan pisang raja, pisang sepatu dan jenis lainnya.  Pisang ini jika digoreng dan disajikan  mempunyai pasangan  yang mesti dis

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar