66 Persen Jalan di Maluku Utara Rusak Parah

By Kabar Pulau 28 Apr 2017, 17:24:22 WITKabar Malut

66 Persen Jalan  di Maluku Utara Rusak Parah

indahkan ke ruas jalan  lain.

 Komisi III  yang memiliki tugas mengawasi proses  penganggaran pembangunan di Maluku Utara,  menemukan selama ini pengaggaran jalan keliling beberapa pulau bsar termasuk Halmahera  tidak ada perencanaan.  Bersyukur di beberapa ruas jalan  nasional  di Pulau Halmahera proses pembangunannya berjalan baik.      

Yang  miris katanya,   Pulau Obi  yang begitu  besar sumberdaya alamnya   untuk  negera , namun dalam beberapa tahun terakhir  tidak ada pembukaan jalan baru.  Begitu juga Pulau Taliabu  dan Mangoli. Karena  itu,  harusnya   setiap tahun pemerintah harus memperhitungkan pagu anggaran untuk membuka akses jalan.  “Jangan dulu berpikir langsung membuka jalan hotmiks nya  jika belum urgen.  Pembangunan jalan di daerah ini membutuhkan anggaran yang cukup besar. Jika setiap  tahun  hanya Rp5 miliar  maka 100  tahun pembangunan jalan di Maluku Utara tak selesai.  “Intinya harus ada  perencanaan yang matang,” ujarnya. Apalagi visi pemerintah provinsi Maluku Utara  adalah  membuka daerah daerah terisolir.     

Saat ini  di Maluku  Utara sendiri ada lima titik pembangunan jalan yang mesti diperhatikan yakni  Halteng–Haltim, Halbar- Halut  Pulau Obi  Taliabu  dan Bacan.  Dari lima titik ini jika satu titik dianggarkan Rp 10  miliar saja   butuh Rp50 miliar  dengan  begitu  penambahan ruas  jalan  menjadi nampak. Intinya  perencanaan  yang matang  dan  berkelanjutan. Fokus  dan prioritas itu yang tidak ada di pemerintah.   

Rusaknya infrastruktur  jalan di Ma

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar