66 Persen Jalan di Maluku Utara Rusak Parah

By Kabar Pulau 28 Apr 2017, 17:24:22 WITKabar Malut

66 Persen Jalan  di Maluku Utara Rusak Parah

satu-satunya moda transportasi yang bisa keluar masuk Trans.  

Kondisi jalanan amat memprihatinkan bila turun hujan, jalan yang sudah memprihatinkan akan berubah menjadi mengerikan, sudah banyak warga menjadi korban. Kondisi jalan yang buruk itu sudah banyak memakan korban. Mulai dari pengendara yang jatuh ke jurang, hingga warga Trans yang melahirkan di tengah perjalanan menuju Puskesmas di Ibukota Kecamatan, Mafa Halmahera Selatan.  

Hingga  kini jalan di daerah transmigrasi ini belum juga diperbaiki. Kawasan Transmigrasi ini dijangkau dari  Ibukota Provinsi Maluku Utara  di Sofifi  mencapai 191 kilometer.  

Nasib jalan,  baik dikerjakan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi sampai 17 tahun Provinsi ini terbentuk,  yang  menggunakan anggaran APBD baru sepanjang 1276,80 km. Ironisnya jalan sepanjang itu,  66 persen atau sepanjang 1024,27 km dalam kondisi rusak   baik   ringan maupun rusak berat.  Praktis  jalan  jalan yang  bisa digunakan masyarakat  atau dalam kondisi baik hanya 252,53 km. Ini untuk jalan yang dibangun pemerintah provinsi yang menggunakan dana APBD.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abdul Kadir Hamza belum lama ini menyampaikan  bahwa,  kondisi jalan  ini butuh perhatian. Karena ini  belum  termasuk  total jalan  yang belum dibangun.

Sementara  jalan yang  dibangun Pemerintah Pusat, atau disebut jalan Nasional di Malut, saat ini mencapai  930 km, dari target sampai Maret 2019  sepanjang 1203,34 km. Praktis jatah jalan Nasional yang belum dibangun Pemerintah pusat mencapai 219,5 km.  Untuk kondisi jalan Nasional seluruhnya dalam keadaan baik. Menurut Kadir, khusus jalan Nasional pada 2015 lalu, Pemerintah pusat memberikan jatah tambahan s

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar