Ini Potret Desa Sumber Pangan di Pulau Morotai

By Kabar Pulau 28 Feb 2018, 06:32:50 WITKabar Kampung

   Ini Potret Desa Sumber Pangan di Pulau Morotai
Sawah di Desa Aha Morotai/foto layank mongabay

karena hingga kini, mereka masih gunakan sistem tradisional, belum didukung alat-alat modern untuk kualitas dari gabah jadi beras. Dia sedikit khawatir, kalau hasil panen kalah dengan beras luar Morotai yang mendominasi pasar.

Para petani pernah mengusulkan Bupati Morotai agar hasil panen Desa Aha bisa ditangani perusahaan daerah, terutama pemasaran.

Layang Sutanto, warga Desa Daruba mengatakan, sejak dulu, mereka suka mengkonsumsi beras dari Desa Aha. “Di Daruba, kami menyebut beras baru. Jika petani Aha belum datang jualan ke sini, kami akan datang ke Aha sekadar membeli beras. Saat ini, sekilogram Rp10.000.”

Layang bilang, sejak dahulu, sebelum dimekarkan– jadi bagian Desa Pilowo–, Aha adalah sumber pengan Kepulauan Morotai. “Dua desa bisa dikatakan, dua desa ini dapur Pulau Morotai,” katanya.

Warga Pilowo membangun rumah di pesisir pantai, sekira tiga kilometer dari Desa Aha. Di sana, kala musim melaut, secara berkelompok mereka menggerakkan bagan ikan, kala musim panen kelapa, mereka ke kebun membuat kopra.

Nelayan bagan, Almar, kala itu sedang membuat kopra di bibir Pantai Pilowo mengatakan, beberapa bulan ini tak melaut karena salah satu bagan ikan rusak. “Di sini ada empat bagan ikan, satu rusak,” kata ayah tiga anak ini. Kopra yang dia kerjakan milik majikannya, Hamid.

Upah Almar dihitung persatu karung kopra jadi Rp35.000. Dia memperperkirakan, produksi kopra sekitar 40 ton dan panen dijual ke Aha. “Harga kopra jatuh, hanya Rp6.500 perkg. Kami jual ke orang Bugis, di Aha,” katanya.

Dia bilang, panen kopra di Pilowo cukup melimpah, pada bulan ke tiga, hasil bisa 100 ton.

Supriono Ahmad, Dosen Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pasifik, Morotai, mengatakan, riset model integrasi Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2017, di Kep

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar