Ini Potret Desa Sumber Pangan di Pulau Morotai

By Kabar Pulau 28 Feb 2018, 06:32:50 WITKabar Kampung

   Ini Potret Desa Sumber Pangan di Pulau Morotai
Sawah di Desa Aha Morotai/foto layank mongabay

di panen, setiap orang memikul satu karung padi 30 kg, lalu jalan kaki tujuh km menuju Pantai Pilowo,” kata Anwar.

Setahun kemudian, beberapa petani Aha balik ke Makassar dan kembali bersama beberapa keluarga. Aha banyak dihuni Suku Bugis.

Melihat kondisi petani banyak belum menempuh pendidikan formal, Sire berinisiatif membangun sekolah, yang ditempatkan di bawah rumah panggung. Saat itu, dia mengajak satu orang jadi guru, mereka digaji dari hasil panen, sekadar mengajar berhitung dan mengeja huruf. Bahan belajar seperti buku Matematika dan Bahasa Indonesia Sire dapat dari kerabat di Desa Daruba, ketika berjualan hasil panen.

Menariknya, hingga kini, masyarakat Aha tak ketergantungan dengan pupuk meskipun setok pupuk sudah tersedia di Dinas Kehutanan Morotai. Tanah mereka memiliki kualitas baik untuk padi, sayuran, kelapa, bahkan cengkih dan pala.

“Tanah di sini berbeda dengan Makassar atau Jawa, di Makassar tak ada pupuk, padi tak jadi. Di sini, kalau dipupuk, padi roboh semua karena besar. Pupuk justeru membuat padi hancur dan menambah hama,” ucap Anwar.

Petani bertani organik, tanpa pupuk kimia. Saat ini, Desa Aha dihuni 72 keluarga, luas wilayah 4,380 hektar lebih. Anwar bilang, pada 2017, sistem irigasi mulai diperbaiki pemerintah. Dia perkirakan, dalam setahun bisa tiga-empat kali panen. Satu keluarga bisa hasilkan tiga sampai empat ton bulir padi atau gabah.

 

Rerata, satu keluarga panen padi lebih 100 karung. Satu karung 35 kilogram. “Jadi, hitungan saya, satu keluarga, sekali panen mengasilkan tiga ton atau 350 kg. Jika dikalikan 75 keluarga, berarti Desa Aha sekali panen 26.250 kg atau 26 ton lebih,’’ katanya.

Kalau dalam setahun tiga kali panen, Desa Aha hasilkan panen 78.750 kg atau 78 ton bulir padi.

Anwar bilang, mereka masih terus berbenah

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar