Ini Potret Desa Sumber Pangan di Pulau Morotai

By Kabar Pulau 28 Feb 2018, 06:32:50 WITKabar Kampung

   Ini Potret Desa Sumber Pangan di Pulau Morotai
Sawah di Desa Aha Morotai/foto layank mongabay

ine, ada 1.038 buah. Kapal penangkap ikan didominasi kapal motor tempel 694 kapal.

Keesokan hari, kami menuju Desa Aha dan Pilowo, di selatan Pulau Morotai, dengan sepeda motor, menempuh waktu sekitar 15-20 menit dari Desa Daruba.

Di tengah perjalanan, kami melihat monumen patung Teruo Nakamura, salah satu prajurit Jepang pada Perang Dunia II di Morotai.

Pada monumen tertulis,” Nakamura adalah suku asli Taiwan yang direkrut menjadi tentara sukarela kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II, sebagai pasukan khusus Takasago IV yang terkenal sebagai pasukan khusus perang gerilya untuk mempertahankan kepulauan Morotai dari gempuran tentara sekutu.”

Monumen ini dibangun saat Sail Morotai 2012. Ia berada di samping jalan utama Desa Dehegila.

Beberapa menit kemudian terlihat rumah panggung, persis seperti rumah adat Bugis Bone, berjejer dari arah timur ke barat, berhadapan dengan berhektar-hektar ladang sawah.

Di bawah rumah panggung berdinding papan itu kosong tanpa dinding, dengan ketinggian sekitar tiga meteran. Ia dipakai buat menaruh hasil panen, seperti gabah, atau untuk meletakkan kayu bakar, dan barang lain.  Masyarakat setempat menyebut bangunan ini dengan rumah tinggi (bola soba) dalam bahasa lama Bugis Bone, Sulawesi Selatan. Konstruksi rumah sengaja dibuat demikian untuk mengingat kampung halaman mereka, yang mayoritas Suku Bugis Bone di Desa Aha.

Anwar Gani, Kepala Desa Aha, bercerita, sebelum mekar jadi satu desa otonom dari Desa Pilowo pada 2013, Desa Aha adalah hutan sagu, anak dusun dari Desa Pilowo.

Pada 1968, (alm) Sire Gani dari Bugis Bone datang ke Morotai mendiami Desa Cocomare, Morotai Selatan. Dia sering datang ke Desa Pilowo, mengunjungi kepala Desa Arsad Mahmud untuk meminta lokasi agar bisa berkebun.

Kepala desa kemudian membawa Sire Gani menuju hu

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar