“Sultan Tidore, Morotai dan Jokowi.”

By Kabar Pulau 18 Jan 2017, 13:08:56 WITOpini

“Sultan Tidore, Morotai dan Jokowi.”

tuan yang sama, Mahkamah Internasional di Den Haag memenangkan kepemilikan Malaysia atas Sipadan danLigitan. Dan paling anyar adalah klaim RRC atas Natuna dan perairan sekitarnya pada 2015 yang menghebohkan tersebut. Bahwa tanpa memberi perhatian serius pada wilayah-wilayah pinggiran, Indonesia akan kehilangan kedaulatannya perlahan-lahan entah atasnama investasi atau apapun, terutama dalam abad perang asimetrik (proxy war) dewasa ini. Perang jenis baru berbasis intelijen sebagai komponen utamanya dengan berbasis capital dan teknologi untuk menguasai sebuah wilayah sasaran, dengan tanpa melepaskan satupun tembakan senjata konvensional.

Bahwa globalisasi dunia kini tengah bergeser dari kawasan Atlantikke Asia-Pasifik, dengan melihat trend aktor- aktor Asia- Pasifik telah disampaikan cendikiawan seperti Kishore Mahbubani maupun Immmanuel  Hsu.  Indonesia  sebagai negara ‘Pacific Rim’ dimana Natuna, Morotai dan Papua adalah kawasan yang secara geografis berhadapan dengan Pasifik sebagai episentrum baru ini. Bahkan banyak ahli geostrategic menyatakan bahwa Pasifik akan menjadi ajang konflik global masa depan karena perebutan jalur transportasi laut, mineral dan sumberdaya alam lainnya.

Kasus ‘Spratley atau Pulau Senkaku’ di Laut China Selatan adalah salah satu trigernya karena klaim tumpang tindih lima negara kawasan.Padahal jauh-jauh hari sebelumnya, pada 1938, seorang anak desa Tondano, Sam Ratulangi, telah menulis tentang percaturan di Pasifik (Indonesia di Pasifik). Nah, dalam konteks seperti itulah mungkin mendasari perenungan seorang Sultan Tidore, Husain Syah, menyurati Presiden sebuah negara rim pasifik pemilik pulau terbesar di duni aini, sesaat setelah pembicaraan dengan PM Jepang.

Walaupun kegelisahan dan tanya, menurut saya lebih pada fungsi sultan sebagai kolano kawasan Moloku

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. udin umar 22 Jan 2017, 20:57:47 WIT

    Menakjubkan gagasan cerdas salah seorang putra terbaik bangsa dari timur indonsia

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar