“Dunia Maluku”

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:32:24 WITOpini

“Dunia Maluku”

satuan ini.

Karya besar Prof. Andaya ini sebenanya bukanlah buku baru. Pada tahun 1993 University of Hawaii Press pertama kali menerbitkan buku ini dalam versi bahasa Inggris dengan judul “The World of Maluku: Eastern Indonesian in Early Modern Period” dan setelah 22 tahun buku tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Dunia Maluku; Indonesia Timur Pada Zaman Modern Awal” diterbitkan oleh Penerbit Ombak, tahun 2015 dan dilaunching tanggal 10 Oktober 2015 di Universitas Indonesia yang dihadiri langsung oleh penulisnya.

Buku ini terdiri dari 388 halaman yang dibagi ke dalam dua bagian dan tujuh bab serta kesimpulan. Bagian pertama bertajuk Dua Dunia, terdiri dari 3 bab. Bab I menceritakan tentang Dunia Bangsa Eropa, bab II Dunia Maluku: Pusat, bab III Dunia Maluku: Pinggiran. Sementara pada bagian dua diberi title Perjumpaan, terdiri atas empat bab. Bab IV Perjumpaan Dua Dunia pada Abad XVI, bab V Persaingan Bangsa Eropa dan dualism Maluku, bab VI Kompeni Sebagai Ayah, dan Rakyat Maluku Sebagai Anak, dan bab VII Nuku dan Pemulihan Dunia Maluku. Bagian akhir adalah kesimpulan yang mempertautkan seluruh pembahasan pada bab-bab sebelumnya serta implikasi kajian ini terhadap masyarakat Asia Tenggara.

Menarik untuk menyimak salah satu kesimpulan dalam buku ini, bahwa kelompok masyarakat Maluku nyaris tidak bersentuhan oleh gagasan budaya India atau Islam pada saat kedatangan bangsa Erop pada 1512. Bagaimanapun, terdapat sebuah perbedaan di Maluku yang berdasarkan atas sebuah logika tradisional yang terungkap dalam mitos ini. Ikatan hubungan kekerabatan yang ditentukan oleh hal-hal yang dimiliki bersama dalam dunia Maluku yang terbangun seccara mitis yang memperkuat kesultanan tersebut dan membuat mereka menjadi suatu pemerintahan yang lebih memilliki karakter Pasifik ketimbang karakter budaya India.


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar