“Catatan Kebudayaan; Rumahku Ternate”

By Kabar Pulau 18 Jan 2017, 06:48:23 WITOpini

“Catatan Kebudayaan; Rumahku Ternate”
Wajah lain dari Ternate yang telah mengalami kemajuan

antap” yang artinya belum sepenuhnya terjerembab.

Dalam representasi sosial, rumahku Ternate diteduhkan dengan bangunan megah mesjid raya al-munawar, yang mengindikasikan masyarakat yang agamais. Dalam representasi sosial, rumahku Ternate digaduhkan dengan bangunan-bangunan kapitalis (mall, resto fast food, café, dst.) yang menandaskan modernitas dan konsumeritas masyarakatnya.

Selanjutnya dalam representasi sosial lainnya, rumahku Ternate dimasuki aksi-aksi brutalisme yang “dikemas” dalam perilaku-perilaku anarkis yang terkadang dipertontonkanmasyarakatnya.Dimulai dari perkelahian pelajar, pemukulan yang sering terjadi antar beberapa pemuda di satu atau dua kampung, sampai dengan bentrokan dalam sepakbola pada tahun kemarin turut menghiasi (pekarangan) rumahku Ternate.

 

Kekerasan sebagai ritus

Mengawali tahun 2017 aksi kekerasan langsung menyapa kita. Tepatnya pada tanggal 7 Januari terjadi perkelahian antara pemuda Toboko dengan Mangga dua. Seperti yang diberitakan harian Malut Post dengan judul “Bentrok di Tomangpecah lagi (Malut Post, 9/1/2017)”, menjadi semacam prolog dalam catatan kebudayaan rumahku Ternate. Saya pun menyadari bahwa letupan peristiwa ini terkadang luput dari penganalisian terhadapnya, tetapi hanya sebatas memberitakan peristiwa “tanpa ada solusi”. Dan kita sebagai masyarakat Ternate seakan dibiasakaan dengan peristiwa tersebut. Hal ini juga disebabkan kekerasan yang dipraktikkan oleh mereka dianggap sebagai kebiasaan hidup (habitus) yang telah berlangsung lama.Kita pun sudah terbiasa menjadi penonton setia dalam drama kekerasan (bentrok) ini.Tercatat hampir setiap tahun terjadi bentrok/pertikaian di antara mereka.Gejala sosial-budaya semacam inilah yang dalam bukunya Henk Schulte Nordholt (Geneology of V

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar