“Catatan Kebudayaan; Rumahku Ternate”

By Kabar Pulau 18 Jan 2017, 06:48:23 WITOpini

“Catatan Kebudayaan; Rumahku Ternate”
Wajah lain dari Ternate yang telah mengalami kemajuan

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah penduduk, yang terjadi hampir setiap tahun. Dengan demikian, maka secara otomatis sirkulasi budaya pun akan meningkat. Hal inilah yang mengantarkan saya mengamati kondisi tersebut dengan meminjam konsep dari representasi sosial.

Sebelum membicarakan konsep representasi sosial, terlebih dahulu saya ingin melihat secara kebahasaan istilah dari representasi. Terminologi representasi merupakan saduran dari bahasa Inggris representation yangdiartikan sebagai keterwakilan atau keterhadiran.Ungkapan ini kemudian dipopulerkan oleh tokoh cultural studies Stuart Hall sebagai “to stand for”.Dalam banyak hal,istilah ini kemudian berkembang dan dapat dikaitkan pemaknaanya sesuai dengan konteks pengamatan atau dari sudut pandang masing-masing orang. Hal inilah yang disebut oleh psikolog Serge Moscovici (1973) sebagai representasi sosial.

Lebih lanjut, Moscovici menjelaskan bahwa representasi sosial adalah perbendaharaan nilai, keyakinan, dan praktik-praktik yang dibagi bersama di antara anggota kelompok. Penjelasan yang lain menyebutreprsentasi sosial sebagai produk dan proses penalaran praksis yang ditata melalui hubungan sosial dengan gaya dan logikanya sendiri, disebarluaskan dan dibagi bersama secara setara di antara anggota kelompok sosial atau budaya. Dalam konteks rumahku Ternate, berbagai gejala sosial berupa perubahan sosial-budaya selalu termanifestasikan dengan baik dan diterima serta sudah menjadi tontonan oleh kita sebagai khalayak.

Perubahan-perubahan itupun terjadi melalui proses interaksi budaya yang secara sadar dihadirkan dalam bentuk gaya hidup (life style). Terbesit dalam tanya, apakah masyarakat kita sudah sepenuhnya terkooptasi dengan gejala sosial-budaya berupa modernisasi, globalisasi, dan westernisasi itu? Ataukah masih “malu-malu m

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar