Waspada,,, Hujan Datang Banjir Mengancam

By Kabar Pulau 06 Jun 2017, 08:29:41 WITLingkungan Hidup

Waspada,,,   Hujan  Datang  Banjir  Mengancam

                Saat saat ini  perlu meningkatkan kewaspadaan.  Di tengah  lebatnya hujan dalam beberapa hari ini, ikut menjadi  ancaman serius.  Ini terutama   bencana banjir   bisa saja   terjadi  jika  sungai meluap  atau drainase yang buruk.

 Hujan lebat  yang mengguyur hampir semua daerah di Maluku Utara saat , telah memunculkann  banjir di sejumlah tempat.   Informasu yang berhasil  di himpun kabarpulau.com,  di beberapa tempat seperti di Kabupaten Halmahera Selatan, Halmahera Barat,  Kepulauan Sula dan daerah lainnya telah terjadi banjir dan longsor. Bahkan ikut merusak fasilitas umum sehingga menghambat aktivitas masyarakat.   

Di Halmahera Selatan  hujan  yang mengguyur   Bacan dan sekitarnya  menyebabkan banjir dan memutus akses warga. Jembatan darat yang menghubungkan desa Kupal  dan  Tembal di Bacan selatan ikut ambbruk. Hujan deras yang terjadi sejak siang itu Senin (4/6) siang pukul 14.00 WIT  ikut membuat banjir besar dan membuat warga yang rumahnya berada di kawasan Kali Mandoang bacan harus mengungsi. . “Bronjong yang dipasang  di sepanjang sungai Mandaong  ikut terbawa banjir,”ujar Sahril  Samad, warga Mandoang.

Peristiwa banjir juga terjadi di Kecamatan Oba Tidore Kepulauan. Akibat hujan lebat menyebabkan  daerah SP1 Transmigrasi desa Koli ikut terendam.  Air yang merendam pemukiman dan sarana umum lainnya di daerah ini akibat meluapnya sungai Laka yang ada di Hutan Tayawi Oba.  Jamal Adam  warga Sp1 Trans Koli mengaku air meluap dan menyebabkan rumah dan berbagai sarana umum terendam itu tidak sampai menyebabkan korban jiwa atau rusaknya fasil

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar