Warga Maitara Menjerit Kesulitan Air Bersih

By Kabar Pulau 11 Jan 2017, 20:26:01 WITKabar Kota Pulau

Warga Maitara Menjerit  Kesulitan Air Bersih

 Maluku Utara yang berada di pulau-pulau kecil menghadapi persoalan serius menyangkut air bersih.  Seperti halnya di pulau Maitara.  Pulau yang berdempetan dengan Ternate dan Tidore ini, ternyata    mengalami persoalan yang sama.  Meski berada dalam dempetan  dua kekuasaan, ternyata  persoalan   air bersih  belumlah tuntas. Saat ini warga setempat ada yang hanya menggunakan air dari sumur dan kebanyakan berharap dari air hujan.

            Dari 4 Desa yang ada di Maitara   hanya satu desa  yang air bersihnya  diambil dari sumur-sumur warga  yakni di Maitara Tengah. Kalau di sini air sumurnya tidak salobar (payau,red) Karen itu warganya memanfaatkan air sumur untuk konsumsi mandi dan berbagai kebutuhan lainnya. Sementara   tiga desa  lainnya yakni  Maitara Selatan Maitara Utara dan Maitara Barat dan Desa Maitara  air sumurnya salobar sehingga tidak bisa dikonsumsi. Karena  itu warga di tiga desa ini hanya mengharapkan air hujan atau jika terpaksa membeli air ke Tidore.   “Air sumur kalau di Maitara Tengah itu tidak salobar kalau di dua  tiga desa lainnya itu salobar ,” ujar Fatimah 45 tahun warga Maitara saat ditemui   Selasa (11/1). Soal air bersih ini menurut Kepala Desa Maitara  Tengah Muhlis Malagapi mengakui kalau air bersih di Maiatara menjadi persoalan yang sangat serius. Di  desanya memang agak mending karena air sumur yang ada masih bisa dimanfaatkan. Sementara tiga desa tetangganya itu tidak bisa menggunakan air sumur untuk dikonsumsi karena payau.

Menurutnya, warga kesulitan air bersih.  Saat ini  sudah dibangun jaringan pipa  untuk air bersih  yang disalurkan dari Tidore. Tapi sampai saa

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar