WALHI Gelar FGD Lingkungan dengan Jurnalis Malut

By Andhy EH 20 Des 2016, 00:08:33 WITKabar Malut

WALHI Gelar FGD Lingkungan dengan Jurnalis Malut

TERNATE-Wahana Lingkungan Hidup (WALHI)  Maluku Utara menggelar Focus Group Discussion ( FGD) bersama  para  jurnalis  di Maluku Utara.  Kegiatan yang dipusatkan di Home Coffe jalan Mononutu itu Minggu (6/12),   itu membahas tentang  isyu-isyu lingkungan di Maluku Utara.  FGD  ini mengangkat tema tentangt “Peran Media  Dalam Penyelamatan Lingkungan di Maluku Utara”

 Ada dua fasilitator  turut memandu FGD tersebut. Mereka adalah Direktur WALHI Malut Ismet Soleman  dan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ternate Mahmud Ici.

Ismet misalnya memaparkan tentang kondisi kehutanan  dan kerusaknya. Tidak itu saja, persoalan pertambangan serta kelautan dan pulau-pulau kecil turut dipaparkan. Menurutnya,  kalau menghitung luas hutan kita  yang rusak mungkin dianggap kecil dibanding  yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Tetap harus diingat bahwa  kita ini  daerah kepulauan yang jika hutannya rusak sedikit   akan mengancam pulau dan warga yang mendiaminya,” kata Ismet.  Yang patut dicatat menurutnya, pulau-pulau  di Maluku Utara  masuk dalam garis walllacea yang  memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Ini juga menjadi pertimbangan penting tentang kondisi lingkungan   yang  perlu dijaga agar lestari.  Dalam kondisi lingkungan  yang bermasalah  katanya,   di sisi lain peran media dalam mendorong isyu isyu lingkungan juga ternyata kecil. “Perlu  dicatat bahwa pulau-pulau kecil di Maluku Utara sudah masuk  grand design pengembangan perkebunan sawit.  Halmahera dari ujung selat

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar