Tidore akan Bangun Monumen

By Andhy EH 24 Des 2016, 20:02:22 WITKabar Kota Pulau

Tidore akan Bangun Monumen

TIDORE—Selain berencana mendesain pulau Maitara menjadi pintu masuk  wisatawan ke Tidore.  Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep)melalui Dinas Kebudayaan dan Parawisata akan membangun  dua monumen di kelurahan Rum Kecamatan Kota Tidore Utara.

Dua monumen itu masing-masing monumen sultan Nuku, dan monumen  Sebastian De Elcano. Untuk monumen Sultan Nuku sendiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tikep Asrul Sani,   dikonfirmasi  kabarpulau.com diruang kerjanya belum lama ini mengungkapkan, akan melibatkan pihak kesultanan Tidore mendesain monumen Sultan Tidore yang bernama lengkap Nuku Muhammad Amiruddin Kaicil Paparangan itu.Patung  ini  akan dibangun dekat monumen Sebastian de Elcano. "Lokasinya didesain dekat PLTU Rum,"katanya.

Sementara monumen Sebastian de Elcano ini dibangun karena dianggap menjadi , titik terpenting dalam sejarah pelayaran mengelilingi dunia yang dilakukan Magellan bersama Juan Sebastian de Elcano.  Di Pulau Tidore inilah kata Asrul, ditemukan, dunia itu bulat. Karenanya baru-baru ini, pemerintah kota Tidore diundang dalam Pertemuan International Jaringan Global Kota-kota Magellan berlangsung di Cebu – Filipina  13  hingga 17 februari  2016 lalu.

Melalui pertemuan itu ada satu apresiasi luar biasa  pemerintah Spanyol dan Cebu sebagai tuan rumah atas kehadiran Pemerintah Kota Tikep,  memenuhi undangan mereka. Hal yang terpenting juga kata Asrul dari pertemuan ini adalah beberapa Negara kemudian mengetahui bahwa Tidore merupakan bagian dari wilayah Republik Indonesia dan terletak di Provinsi Maluku Utara. 

P

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar