Ternate Butuh Perda Larangan Buang Sampah ke Laut

By Andhy EH 24 Des 2016, 19:39:05 WITKabar Kota Pulau

Ternate Butuh Perda Larangan Buang Sampah ke Laut

TERNATE-Laut bukanlah  tongsampah raksasa yang seenaknya kita buang sampah. Laut adalah sebuah ekosistem  yang  memiliki biota dan kehidupan berbagai jenis hewan yang tidak bisa terganggu. Terutama untuk  sampah  yang bisa mencemari laut. Ekosistem ini harus bersih dari berbagai jenis sampah karena bisa menggangu kehidupan biotanya.

Saat ini saja,  laut di sekitar pulau Ternate sudah sangat kotor. Ini  akibat adanya aktivitas masyarakat membuang sampah secara serampangan.  Berton-ton sampah yang mengapung di laut saat ini, menjadi masalah tersendiri. Soal ini tidak hanya dikeluhkan pemilik transportasi laut,  tetapi juga para divers  yang melakukan diving  di Kota Ternate dan sekitarnya.

Akang Idris, salahsatu divers dan  pemilik usaha diving mengaku kecewa setiap membawa tamunya melakukan diving di Ternate, mereka selalu mengeluhkan laut  yang kotor oleh berbagai macam sampah anorganik. Hal ini  sebenarnya sangat menggangu aktivitas para divers. Tidak itu saja,  menurutnya,   sampah  terutama sampah plastik, banyak yang menutupi bahkan merusak terumbu karang. Padahal terumbu karang menjadi salahsatu ikon penting dari aktivitas diving.

“Karena masalah ini, kami meminta pemerintah Kota Ternate dan DPRD   segera memikirkan solusinya. Misalnya dengan segera membuat Perda yang melarang masyarakat kota Ternate membuang sampah ke laut. Ini penting demi menjaga  ekosistem dan biota laut  dari pencemaran sampah,” jelas pemilik Nasijaha Dive ini.

Senada dengan penggiat lingkungan dan juga divers,  M Rahmi Husen,  meminta pemerintah  Kota Ternate tidak memandang remeh persoalan ini.

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Samsurya 28 Jul 2017, 10:16:46 WIT

    Kebanyakan sampah yg dibuang di Selokan maupun sungai disekitar rumah2 masyarakat...sehinggah pada saat hujan aliran air disungai menuju kelaut sehinggah sampah2 yg bertumpuk pun ikut mengalir ke laut jadi perlunya perhatian pemerintah dan penegesan tentang PERDA larangan dan pengawasan terhadap prilaku membuang sampah di selokan saluran drainaise maupun sungai sehingga ada perhatian dan epek jera membuang sampah di saluran drainaise maupun sungai..

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar