Ternate, Ibukota VOC Sebelum Pindah ke Jakarta

By Kabar Pulau 09 Feb 2017, 05:36:11 WITKabar Kota Pulau

Ternate,   Ibukota VOC Sebelum Pindah ke Jakarta

Jakarta  adalah ibukota Negara saat ini. Sejak dulu Jayakarta, nama awal Jakarta,  sudah jadi ibukota negara kolonial yang bernama Hindia Belanda, sebelum Indonesia menjadi satu negara. Awalnya, Jan Pieterszoon Coen memindahkan pusat dagang Hindia Timur (Verenigde Oost Indie Compagnie) dari Ternate ke Jakarta. Sebelum itu, di Ternate, Pieter Both sudah meletakkan pondasi Ibukota Negara, ketika membangun pusat dagang, tepat di pusat rempah-rempah, Ternate.

Ternate dulunya sebuah ibukota Negara bernama kerajaan Ternate, sebelum petualang Eropa datang dan menjajah Nusantara. Kerajaan ini mengalami puncak kejayaan ketika Babullah Datu Syah menjadi Sultan, pasca pembunuhan sultan Khairun Jamil, 28 Pebruari 1574. Khairun dibunuh Portugis di dalam benteng Nostra senora del Rosario, saat diundang jamuan makan dan acara perdamaian.

26 Desember 1579, Babullah memaksa Portugis pergi dari benteng Nostra Senora del Rosario, dan menjadikan benteng kota itu sebagai ibukota dan istana kerajaannya. Kemenangan Babullah ini dianggap sebagian sejarawan mampu menunda penjajahan di Nusantara selama seratus tahun.

Babullah pula yang merubah nama benteng itu menjadi benteng Gammalamo yang berarti perkampungan besar. Dia menjadikan Ternate satu imperium  baru di timur Nusantara. Sebagian pencatat sejarah Eropa menulis, dia berkuasa atas 72 pulau berpenghuni. Pasca Babullah, Ternate kembali terpuruk dalam friksi internal keraton, dan Portugis akhirnya merebut benteng Ternate dari pengganti Babullah, sultan Saidi Barakati. Ternate masih tetap sebagai kota penting, setelah Malaka.

Tekanan keras Portugis yang bermarkas di benteng Nostra Senora del Rosario memaksa sultan Ternate Mudaffar, yang masih sangat muda, bersama Jogugu Hidayat dan Kapitalao Ali mengungsi ke Halmahera. Dari Halmahera, Kapitalao (Laksamana) Ali diutus ke Banteng bertemu den

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar