Seperti Ini Suasana Ramadan di Ternate

By Kabar Pulau 01 Jun 2017, 09:17:47 WITBaronda

Seperti Ini Suasana  Ramadan di Ternate

Ada Ritual Tahunan yang  Menghiasi Kota

Penulis: Rasyid Yamani/ wartawan Magang Kabarpulau.Com  

Awal ramadan, Sabtu (27/5) lalu terasa begitu terik. Siang itu  waktu menunjukan pukul 13:30 WIT.  Saat itu di Taman Nukila sangat ramai. Taman yang rindang dengan  pepohonan pantainya. Di tambah lagi adanya taman bermain anak, membuat   banyak keluarga mengunjungi tempat ini.  Mereka  datang dari berbagai latar belakang. Membawa anak bermain atau sekadar hanya menghabiskan waktu usai shalat zuhur di masjid  Almunawwar.  Saya sendiri berada di tempat itu ingin melihat dari dekat pedagang kue musiman menjajakan  jualan mereka di awal Ramadan lalu. 

Di Kota ini  datangnya bulan Ramadan  juga menjadi berkah. Terutama   bagi sebagian warga  yang berjualan penganan buka puasa. Bulan ini menjadi bulan panen rezki karena penganan mereka laku keras.

Sekadar diketahui Kota   Ternate saat ini sudah seperti kota-kota lainnya. Gaya hidup warganya yang serba praktis  membuka peluang  bagi mereka  yang berbisnis kuliner  Ramadan. Bisa disaksikan hampir  semua kelurahan  di Kota Ternate dijadikan tempat untuk berjualan  penganan buka puasa. Dari pinggir  jalan raya hingga ke lorong- lorong kecil.

Di pusat Kota Ternate ada beberapa tempat menjadi pusat penjualan penganan  buka puasa.  Ada  Taman Nukila, Taman Falajawa, Mangga Dua Belakang (depan pelabuhan speedboat), Pasar Inpres Bastiong, Pasar Gamalama dan Pasar Dufa-dufa di Kota Ternate Utara. Di tempat- tempat jualan itu ramai dikunjungi pembeli.Misalnya di depan Taman Falajawa  dan Pasar Gamalmaa.  

Ada  beberapa lokasi penjualan kue   terbilang baru. Misalnya di kawasan reklamasi Mangga

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar