Sekolah Harmoni di Jantung Ternate

By Kabar Pulau 07 Mar 2017, 21:39:22 WITEtniq

Sekolah Harmoni di Jantung    Ternate

Penulis: Asghar Saleh

Gelap baru sepenggal terangkat dari tanah. Dingin masih melingkar. Jam besar di depan Gereja Batu, rumah ibadah Khatolik di pusat Kota Ternate, pas di titik 06.30 WIT. Ketika seratusan siswa SD Santa Theresia sudah berbaris rapi di pelataran. Tanpa suara mereka memulai aktifitas belajar dengan serangkaian rutinitas berkualitas. Berdoa bersama, menghormat bendera Merah Putih, menyanyikan lagu pujian untuk guru, dan ditutup dengan slogan khas harmoni, “selalu semangat Pagi!”. Apakah ada bedanya dengan sekolah lain?

Sekolah ini sejatinya memiliki riwayat yang panjang. Dibuka kembali tahun 2006, gedung sekolah yang bersatu dengan kompleks Gereja Santo Willibrordus yang merupakan salah satu Gereja tertua di Indoensia, dibangun tahun 1523 oleh seorang kapten Portugis Antonio Galvao, dikelola secara mandiri oleh yayasan Khatolik. Meneruskan sejarah panjang SD Radja Kristus (SD RK_nama sebelumnya) yang produktif menghasilkan lulusan terbaik mulai dekade 70an, sekolah ini sempat ditutup saat konflik komunal meluluhlantakkan Ternate pada akhir tahun 1999 lalu.

Kala sebagian besar penghuninya mengungsi, bangunan sekolah ini sempat dipakai oleh Universitas Muhammadiyah. Belajar dari pengalaman pahit akibat konflik dan meneruskan pesan suci agama tentang pentingnya hidup berdampingan secara damai, sejak sekolah ini dibuka kembali, misi sekolah diarahkan pada upaya mendukung pruralisme dan menumbuhkan kesadaran untuk hidup bersama dalam keberagamaan.

Misi ini tertulis besar di dinding sekolah dan dipraktekkan  dalam keseharian. Menurut kepala sekolah Santa Theresia, Pastor Titus Rehail, meski dikelola yayasan Khatolik, sejak memasuki gerbang sekolah setiap siswa maupun guru diharuskan menanggalkan atribut dan kepentingan agama. Rehail berkeinginan sekolahnya tumbuh dan berkembang sama denga

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar