Sagu Tak Lagi Menjadi Makanan Pokok Warga Pulau Tidore

By Kabar Pulau 02 Mar 2017, 10:11:38 WITKabar Kota Pulau

Sagu Tak Lagi Menjadi Makanan Pokok Warga Pulau Tidore

Dulu  sagu menjadi makanan pokok orang Maluku dan Maluku Utara. Kini   bisa dibilang warga tak lagi menjadikan   sagu  sebagai makanan   pokok. Pasalnya, jangankan  mendapatkan sagu di rumah-rumah warga. Orang yang  mengolah  dan memproduksi sagu juga sudah jarang dilakukan. Masyarakat di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) misalnya  tak lagi menjadikan sagu sebagai makanan utama.  Rata- rata warga sudah beralih menjadikan beras sebagai  makanan  sehari-hari. Sagu kini dikonsumsi warga pada  pada waktu tertentu saja.

Sejak nenek moyang  sagu   menjadi makan utama. Memasuki tahun  2000  an  sagu perlahan-lahan ditinggalkan. Salah satu contih  di kampung Talaga, masyarakat  yang menetap di lereng gunung Kie Matubu ini,  sudah menjadikan beras sebagai makanan utama. Beras  mereka beli langsung kepada pedagang.

Padahal di sekitar kampung  ini   tumbuh subur hutan . Meski banyak pepohonan sagu   warga di kampung  ini sudah malas   mengelola pohon  sagu  menjadi  tepung sagu.  “Sejak dulu   kami  konsumsi  sagu hampir tiap hari, dan nasi hanya dikonsumsi tiap hari jumat saja. Tapi sekarang   sudah makan nasi tiap hari, kalau sagu itu  waktu tertentu  saja,” kata Majid Abdullah  Ketua RT 10 kelurahan Rum  baru-baru ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tikep Iskandar Halil mengatakan, orang yang mengkonsumsi sagu di wilayah kota Tikep mulai menurun. “Rata-rata tidak setiap hari, melainkan hanya hari-hari tertentu saja. Lebih banyak  dan hampir setiap hari mengkonsumsi nasi,” katanya   di ruang kerjanya Selasa (21/2) lalu.

Saat ini, untuk pemanfaatan pangan lokal sebaga

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar