RZWP-3-K di Tiga Provinsi Mulai Digarap

By Kabar Pulau 30 Agu 2017, 08:01:13 WITTelusur Pulau

RZWP-3-K  di Tiga Provinsi Mulai Digarap

Didukung USAID, Diawali   Maluku  Selanjutnya  Malut  dan Papua Barat   

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati  cukup tinggi.  Salah satunya  ada di wilayah pesisir  dan pulau- pulau kecil.  Ruang lingkup pengaturan wilayah pesisir dan pulau -pulau kecil (WP3K) ini sendiri meliputi daerah peralihan antara ekosistem darat dan laut yang dipengaruhi  perubahan di darat dan laut, ke arah darat mencakup wilayah  administrasi kecamatan dan arah ke laut sejauh 12 (dua belas) mil laut diukur dari garis pantai. Pengelolaannya meliputi  kegiatan perencanaan,  pemanfaatan, pengawasan, dan pengendalian terhadap interaksi manusia dalam pemanfaatannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan  masyarakat.

Ini merupakan bagian dari sumber daya alam yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan kekayaan yang dikuasai negara. Karena itu  perlu dijaga kelestariannya  dan dimanfaatkan sebesar -besarnya untuk kemakmuran  rakyat. WP3K juga  memiliki keragaman potensi sumber daya alam yang  penting bagi pengembangan sosial, ekonomi, budaya,lingkungan sekaligus sebagai penyangga kedaulatan bangsa. Karena itu perlu dikelola  secara berkelanjutan dan berwawasan global, dengan memerhatikan aspirasi dan partisipasi mayarakat dan tata nilai bangsa.(http://rechtsvinding.bphn.go.id/jurnal_online/Pemahaman%20Penyusunan%20Rencana%20Zonasi%20Wilayah%20Pesisir%20dan%20Pulau.pdf)

Dalam upaya itu, telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku. Untuk mendukung   penyusunan dan penetapan (RZWP-3-K) Maluku, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar konsultasi publik tahap I selama dua hari 29-30 Agustu

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar