RSUD Chasan Bosoirie akan Dijadikan BLUD

By Kabar Pulau 11 Jan 2017, 05:52:29 WITKabar Malut

RSUD Chasan Bosoirie akan  Dijadikan BLUD

Persoalan yang melilit Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Bosoirie Ternate belum juga pulih. Mulai dari persoalan pelayanan hingga masalah management. Tidak  itu saja. Konflik perawat dan direktur RSUD juga masih sering terjadi hingga kini. Meski begitu saat ini Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba menggulirkan segera merubah status RSUD menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).  “Ini  akan diberlakukan 2017 ini,” ujar gubernur pada wartawan  di kantor DPRD Provinsi Selasa (10/1)

Menurutnya, BLUD ini diterapkan mencontoh rumah sakit Halmahera Selatan (Halsel), dimana setelah  naik status menjadi BLUD,  rumah sakit lebih mandiri. Baik dari sisi pelayanan maupun keuangan. "Keuangan rumah sakit bisa diatur sendiri tanpa menunggu persetujuan dinas bahkan kepala daerah,” kata Ghani

Menurutnya, BLUD ini sangat baik diterapkan, mengingat  rumah sakit melayani kesehatan. Ketika kekurangan anggaran, pendapatan  melalui pelayanan dapat langsung digunakan. "RSUD harus mandiri. Jangan orang sudah meninggal masih tunggu anggaran, ini perlu diubah," imbuhnya. (kbp)


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar