Pulau Tidore Titik Pembenaran Teori Ilmu Pengetahuan

By Andhy EH 24 Des 2016, 20:01:36 WITKabar Kota Pulau

Pulau Tidore Titik Pembenaran Teori Ilmu Pengetahuan

Pulau Tidore dengan kerajaannya,  mencapai puncak keemasan di zaman kekuasaan Sultan Nuku. Sejarah panjang tentang kesultanan ini sedikit banyak sudah diketahui berbagai kalangan umum. Namun, tahukah kita ternyata pulau ini memiliki sejarah penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan sekaligus menjadi titik pembenaran ilmu pengetahuan.  Hal ini diungkap sejarawan Maluku Utara,  Nani Jafar.

Dosen Jurusan Sejarah Universitas  Khairun Ternate itu menjelaskan, teori bumi ini bulat (geosentris), pertama kali digagas Galileo-Galilei, ilmuwan terkenal Eropa pada abad pertengahan. Teori ini kemudian dikembangkan dan disebarluaskan oleh Copernicus beberapa tahun kemudian setelah meninggalnya Galileo-Galilei. Meskipun Copernicus dianggap orang pertama yang berjasa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya teori pada ilmu geografi. Namun ia secara mengenaskan dihukum mati oleh pihak Gereja Katolik Roma karena dianggap gagasannya bertentangan dengan pemikiran Gereja Katolik Roma yang mengatakan bahwa bumi ini datar dan bentuknya persegi empat (heliosentris).

Polemik antara pemikiran ilmu pengetahuan yang diwakili oleh Copernicus dan pemikiran dogmatik yang dihembuskan pihak Gereja Katolik Roma, mendorong Kerajaan Spanyol (ketika itu masih berafiliasi dengan Portugis) mengutus Magellan untuk membuktikan kebenaran dua pemikiran yang sedang dipolemikkan itu. Ekspedisi Magellan pun mulai dilakukan, namun sayangnya ia tidak sempat mencapai Maluku (Tidore). Juan Antonio de Elcano (seorang sejarawan sekaligus navigator dalam pelayaran itu) lah yang melanjutkan ekspedisi itu hingga mencapai Pulau Tidore pada tahun 1521. “Dan, titik yang menguak kebenaran pemikiran Copernicus itu ternyata terletak di Pulau Tidore  setelah de Elcano dengan kapal Trinidad dan Victoria berlabuh di pantai barat Pulau Tidore pada

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar