Pulau Obi yang Kaya Kini “Telah Ludes”

By Kabar Pulau 01 Jun 2017, 11:19:17 WITKabar Malut

Pulau Obi yang  Kaya   Kini “Telah Ludes”

"Diserang"  Tambang  dan Izin Perusahaan  Kayu

Penulis: Rahmatulhaj Jurnalis/wartawan kabarpulau.com

 Maluku Utara adalah provinsi Kepulauan. Meski kepulauan bukan berarti tidak dijamah perusahaan tambang dan perusahaan  oging. Kabupaten di ujung Halmahera Selatan  Provinsi Maluku Utara   ini   memiliki  bagian  selatan pulau Halmahera, Obi, Bacan dan Makian Kayoa. Daera ini    memiliki izin tambang  dan Izin  Usaha Pengelolaan  Kayu yang tidak sedikit.

Data yang diperoleh kabarpiulau.com sebagaimana dirilis Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Maluku Utara akhir 2016 lalu menunjukan, industry tambang di daerah ini terbilang sangat massive.  Daerah yang terletak di antara 1260 45’ – 1290 30’ Bujur Timur dan antara 00 30’ Lintang Utara – 20 00’ Lintang Selatan  ini memiliki luas wilayah sekira 40.263,72 km2,   terdiri dari daratan 8.779,32 km2 (22 persen) dan lautan 31.484,40 km2 (78 persen).

Berdasarkan   data statistik Halmahera Selatan Dalam Angka (2016), daerah ini terdiri dari 30 kecamatan yang terletak di tujuh pulau besar dan dua kepulauan. Pulau-pulau itu  masing-masing Pulau Obidengan kecamatan Obi Selatan, Obi, Obi Barat, Obi Utara dan Obi Timur. Pulau Bacan dengan  kecamatan Bacan, Bacan Selatan; Bacan Timur, Bacan Barat, Bacan Timur Tengah, Bacan Timur Selatan, Bacan Barat Utara; Kepulauan Batang Lomang: Kepulauan Batang Lomang; Pulau Makian: Pulau Makian dan Makian Barat; Pulau Kayoa: Kayoa, Kayoa Selatan; Kayoa Barat, dan Kayoa Utara; Pulau Kasiruta: Kasiruta Barat da

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar