Pulau Maitara Dekat di Mata Jauh di Hati

By Kabar Pulau 26 Jan 2017, 05:36:28 WITBaronda

Pulau Maitara Dekat di  Mata  Jauh di Hati

Pulau Maitara menjadi iconpenting dari lembaran uang seribu rupiah. Pulau dengan luas 206 hektar ini ternyata menyimpan kekayaan wisata  yang luar biasa.  Terjepit oleh dua kekuasaan pemerinatahan  yakni Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate memiliki  sejuta   pesona wisata dari darat  dan bawah lautnya.

Pulau  ini belum begitu banyak dieksplorasi menjadi sebuah kekayaan yang dibanggakan. Maitara ternyata dekat di mata jauh di hati. Kita juga harus bangga  karena dari pulau ini memiliki cerita panjang  tentang dua kerajaan besar Ternate dan Tidore. Pulau ini menjadi demarkasi  kerajaan kakak beradik ini.

Bercerita  tentang Maitara  tidak terlepas dari    potensi yang dimilikinya. Untuk menjangkaunya dari  Ternate  menggunakan speed boat  kurang lebih sepuluh menit. Untuk menjangkau   pulau mungil dengan empat desa ini dari Tidore hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit  dengan jarak  sekitar 0,39 mil laut.   

 Maitara memiliki ekosistem pantai yang cukup lengkap. Yakni ekosistem hutan mangrove  ekosistem padang lamun dan ekosistem terumbu karang.  Untuk terumbu karang  terkumpul di kawasan laut bagian utara dan  selatan. Beberapa sisi pulau Maitara memilki struktur tebing. Hal ini menyebabkan pertumbuhan  terumbu karang ada batasan.  Sebenarnya kontur tebing hingga ke atas laut itu menjadi daya pikat  tersendiri.

Ini menjadi fenomena menarik  terutama bagi pecinta alam bawah laut.   Akang Muhammad Idris salah satu pengusaha  olehraga under water  menjelaskan,  untuk alam bawah laut Maitara,  memang sangat eksotik. Akang yang   berulangkali membawa para tamu yang   melakukan diving   beberapa

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar