Pulau Kecil dan Terisolasi Kini Rasakan BBM Satu Harga

By Kabar Pulau 28 Agu 2017, 06:06:24 WITKabar Kota Pulau

Pulau Kecil dan Terisolasi  Kini Rasakan BBM Satu Harga

 

Penulis: Mahmud Ici/Wartawan Kabarpulau.com

Kebijakan Presiden RI Joko Widodo mewujudkan kebijakan BBM satu harga di Indonesia, kini telah  ikut dirasakan masyarakat  pulau-pulau kecil  dan terisolasi yang ada  di Maluku Utara. Program yang diharapkan  dapat mempercepat gerak perekonomian di wilayah Provinsi yang didominasi laut dan pulau   ini,  selama ini dikenal berbiaya tinggi. Karena itu kehadiran program ini paling tidak   membantu warga  meningkatkan kehidupan sosial ekonomi mereka.

Kondisi Geografis  yang dipisahkan laut dan pulau ini relatif sulit  sulit dijangkau mengingat konektivitas antar daerah belum sepenuhnya terhubung akibat keterbatasan infrakstruktur transportasi  laut. Hal ini mengakibatkan biaya logistik  mengangkut  Bahan Bakar Minyak (BBM)  juga menjadi   tinggi.   

Pertamina  sendiri merespons cepat instruksi tersebut  dan saat ini telah  memberlakukannya di beberapa pulau di  Maluku Utara seperti di Kabupaten Pulau Morotai dan  Halmahera Selatan.  Harga BBM  ini  sesuai  KEPMEN ESDM No 7174 Tahun 2016 dan berlaku   1 Oktober, untuk setiap liternya; Minyak Tanah Rp. 2.500,- Minyak Solar Rp.  5.150,- dan Premium Rp. 6 450 kini juga dirasakan warga yang berada cukup jauh dari Ternate atau Bacan.

Upaya ini di Kabupaten Halmahera Selatan dilaksanakan baru-baru ini di Kecamatan Kayoa Barat (24/8) lalu. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Ego Syharial  meresmikan Lembaga Penyalur SPBU dengan Tipe Kompak.  

Peresmian  itu  dilakukan bersama Anggota Komite BPH Migas Marwansyah Lobo Balia, GM MOR VIII PT Pertamina (Persero) Made Adi Putra dan dihadiri  Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasu

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar