Pulau Kita Adalah Mutu Manikam

By Kabar Pulau 25 Jan 2017, 14:35:17 WITOpini

Pulau  Kita  Adalah  Mutu Manikam

Pulau- pulau kecil di negeri  ini adalah mutu manikam. Data yang dirilis http://www.nomor.net/  Maluku Utara memiliki  1474 Pulau.  Dari jumlah pulau sebanyak ini seperti  “surga  ”  yang sulit dicari bandingannya. ‘Surga’ ini telah memesona mereka   di “Benua Biru”  hingga akhirnya menjelajah dan mencarinya hingga ribuan  mil laut.  Mereka menyeberangi laut dan samudera  meski tak tahu di mana pulau-pulau ini berada.

Dalam  perjalanan mereka berdasarkan catatan sejarah, ikut menemukan  benua   Amerika  hingga beberapa   negera di kepulauan lainnya.  Itu semua sebenarnya hanyalah daerah antara  sebelum menuju   tujuannya di  pulau-pulau ini.

Gugusan pulau yang hanya berbentuk noktah di peta Indonesia ini, memaksa mereka mengorbankan kekayaan  dan kekuasaan,   berlayar ke timur. Mereka tahu  pesona alam dan rempah- rempah  adalah  ratna permata. Portugis, Inggris Belanda dan Sapanyol sempat  saling bersaing memperebutkannya. 

Catatan sejarah  dan berbagai cerita dengan latar benteng  di Ternate dan Tidore serta beberapa pulai lainnya menjadi  bukti,  kompetisi dan  persaingan yang berakhir dengan peperangan karena hanya memperebutkan pulau- pulau ini.   Kisah   Benteng Gamlamo—Nostra Senora del Rosario,  Benteng Kalamata serta beberapa benteng lainnya,   menjadi artefak  yang sampai saat,  masih  berdiri tegak.  Ini adalah bukti yang  ingin menegaskan kepada dunia    betapa  pentingnya pulau-pulau kecil ini. 

Karena  indahnya alam kita,  tak salah anak cucu yang mendiami ribuan pulau di negeri  ini  me

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar