Pulau Batang Dua Krisis Tenaga Medis

By Kabar Pulau 10 Mar 2017, 15:33:39 WITTelusur Pulau

Pulau  Batang Dua  Krisis  Tenaga Medis

  Pulau Batang Dua di Kecamatan Batang Dua  secara administrasi  masuk dalam wilayah Kota Ternate. Meskipun   berada  dalam  wilayah Kota Ternate,  namun jauh  dari Ternate  membuat pelayanan dasar di Pulau ini menjadi bermasalah.  Pulau yang dulunya berada di kecamatan Pulau Ternate sebelum dimekarkan itu kini menghadapi persoalan serius menyangkut dengan pelayanan kesehatan.  

 Ketersediaan tenaga medis di Puskesmas Mayau, Batang dua  ternyata masih  jauh di bawah standar ketenagaan Puskesmas non rawat inap  yang ditetapkan  Menteri Kesehatan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 75 Tahun 2014.  Pasalnya  di dalam peraturan tersebut ditetapkan, minimal jumlah  tenaga medis maupun administrasi untuk Puskesmas non rawat inap untuk ketagori Puskesmas Perkotaan sebanyak 22 orang dan untuk  Puskesmas pedesaan serta Puskesmas daerah terpencil jumlahnya minimal 19 orang.  Rincian 1 orang tenaga dokter  atau tenaga primer, 1 dokter gigi, 5 perawat, 4 bidan tenaga kesehatan masyarakat (Kesmas), Kesehatan lingkungan (Kesling) Ahli Laboraturium Medic, tenaga gizi, farmasi dan prakarya, masing-masing 1 orang dan dibantu 2 tenaga administrasi.  Sementara,  untuk Puskesmas Kategori Perkotaan, jumlahnya 22 orang karena Jumlah Kesmas 2 orang, tenaga  administrasi  3 orang dan Prakarya 2 orang.   Meskipun secara aturan seperti itu namun  di Puskesmas  Mayau, jumlahnya hanya 15 orang.   

Hal ini diakui langsung  Kepala  Puskesmas Mayau, Yulianus Belian belum lama ini. Menurutnya    tenaga yang  tersedia sesuai PMK adalah Perawat yang justru melebihi standar serta dokter, tenaga Kesmas dan gizi, masing-masing 1 orang dan dua tenaga administrasi. &n

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar