Program KEK Hanya Omong Kosong

By Kabar Pulau 16 Jan 2017, 15:25:15 WITKabar Kota Pulau

Program  KEK Hanya Omong Kosong

DARUBA– Akademisi Universitas Pasifik (Unipas) Pulau Morotai  menilai program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  hanya omong kosong. Dosen Sosiologi Unipas Sukri Ali mengatakan, cerita tentang  KEK hingga kini tidak menunjukan progres. Padahal  sudah sejak lama dicanangkan dan disertai dangan dukungan  regulasi mulai dari UU sampai Peraturan Pemerintah (PP) sebagai dasar menjalankan program tersebut. "Saya amati, pihak pengusul pemerintah daerah dan PT Jababeka tidak menunjukkan langkah- langkah konkrit dalam hal menyediakan sarana pendukung KEK, mulai dari pembebasan lahan, pembangunan infrastruktur dan sarana sosial lainnya," ujarnya.

Dia menambahkan, sesuai perintah Undang-undang (UU) nomor 39 tahun 2009, PP nomor 2 tahun 2011 dan PP 50 sudah jelas memerintahkan pihak pengusul menyediakan fasilitas pendukung KEK. "Saya pesimis kalau KEK bisa sukses di Morotai, karena  fakta- fakta infrastruktur yang ada. Oleh karena itu, ini pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah dan pihak pengusul untuk mempercepat sarana pendudung ,"jelasnya.

Selain itu kata Sukri, pemerintah juga harus menyiapkan regulasi tentang ketenagakerjaan, menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan skil orang lokal agar dapat produktif, berdaya saing dan siap pakai. Jika hal-hal ini tidak dipikirkan dan disiapkan oleh pemerintah daerah, maka manfaat KEK bagi masyarakat hanya omongan belaka. "Bagi saya ada banyak manfaat bagi kabupaten pulau Morotai dan masyarakat, jika KEK berjalan dengan baik,” ujarnya. (MP)

 


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar