Peringati Hari Primata dengan Mengedukasi Siswa

By Kabar Pulau 29 Jan 2018, 18:39:57 WITKabar Kota Pulau

Peringati Hari Primata dengan Mengedukasi Siswa

Penulis: Mahmud Ici/wartawan  kabarpulau.com

Hari Primata Indonesia (HPI) yang diperingati setiap  30 Januari   dirayakan juga di Maluku Utara dengan beragam  kegiatan. Seperti yang dilaksanakan ProFauna Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah Kota Tidore dan Ternate dalam dua hari ini. Dalam peringatan itu turut dilaksankaan kampanye  sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat terutama siswa  agar bisa paham  tentang upaya perlindungan primate di Indonesia.

Koordinator ProFauna Provinsi Maluku Utara Eka Kaaba pada  Kabarpulau usai menggelar kampanye di sekolah  di Kota Tidore Kepulauan menjelaskan,  realisasi dalam memperingati HPI tersebut pihaknya menggelar aksi  di  SDN Tomagoba Kota Tidore yang diikuti  78 murid/ Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di  SDN Cobadoe  yang diikuti 28 murid di  SDN Goto  diikuti 56 murid. Kegiatan ini juga kita kerjasamakan dengan  Dinas Lingkungan Hidup Kota Tikep di mana 3 sekolah tersebut merupakan sekolah binaan DLH Tikep.

Menurutnya di  Maluku Utara  untuk kelompok primate   yakni Yaki (Macaca nigra), meski cuma di hutan Bacan.  Macaca di  daerah ini  asalnya  kata dia adalah hadiah untuk Sultan Bacan, yang dilepas ke hutan. Akhirnya beranak pinak. Selain itu yaki  di Maluku Utara juga dipelihara dan diperdagangkan. Karena itu penting edukasi ini dilakukan untuk memberikan penyadaran   agar mereka yang memelihara dapat melepasnta ke alam bebas.

“ Kita  akan  mengedukasi lagi di SDN I Maitara    dilanjutkan dengan Kampanye HPI sore hari di Kota Ternate,” jelasnya.


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar