Pemprov Tidak Siap, JK Batal ke Malut

By Andhy EH 19 Des 2016, 23:12:05 WIT

Pemprov Tidak Siap, JK Batal ke Malut
Ilustrasi Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total

SOFIFI – PemerintahProvinsiMaluku Utara dinilai tidak ada kesiapan soal sosialisasi hingga edukasi ke masyarakat dalam menyambut momen Gerhana Matahari Total pada Rabu 9 Maret 2016.

 Akibat dari kelalaian Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Pariwisata Malut yang hanya memikirkan kegiatan proyek seremoni. Walil Presiden Republik Indonesia, Jusuf kalla pun mengurung niat untuk berkunjung ke Malut.

Hal tersebut mencutat saat rapat koordinasi Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkopimda) se Malut pada Sabtu 05 Maret 2016 di Ternate. Dalam forum tersebut juga membahas tentang dampak Gerhana Matahari Total (GMT) berakibat pada radiasi mata. Selain itu, terdapat beberapa virus penyakit yang diduga dibawa oleh wisatawan asing.

Dampak negatif yang belum diketahui masyarakat luas ini, tidak diantisipasi oleh Pemprov Malut selaku panitia GMT. Bahkan, masing-masing panitia, baik provinsi maupun kabupaten/kota, belum seluruhnya melakukan sosialisasi agar diketahui masyarakat. Padahal, fenomena alam itu sudah diwacanakan sejak November 2014 lalu oleh daerah-daerh lain di Indonesia.

Ketidaksiapan pemprov Malut, terbukti dari segala aktivitas yang ada, belum maksimal dan tumpang tindih. Mengenai kacamata yang digunakan untuk melihat langsung gerhana matahari pun tidak mencakup keseluruhan rakyat Malut. Selain itu, antsipasi terhadap virus penyakit seperti ebola dan zika yang dapat mematikan manusia melalui gigitan nyamuk pun tidak dilakukan.

Parahnya, oleh masing-masing pemerintah daerah saling melempar kesalahan, dengan menunjukan kelebihan dan kebolehannya masing-masing.

pantauan kaparpulau.com, para wisatawan asing kebingungan saat tiba di Bandara Sultan Babullah di Ternate. Pasalnya, tidak ada peta destinasi menyambut GMT di Tern

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar